Lebih Dari 100 Orang Tewas Akibat Bentrok di Burma

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Sabtu, 27 Oktober 2012 11:38 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, BURMA-Jumlah koban tewas dalam kekerasan etnik di negara bagian Rakhine, Burma, yang terjadi sejak hari Minggu mencapai 112 orang, kata pejabat setempat.

Juru bicara pemerintah negara bagian Rakhine Win Myaing mengatakan 112 orang tewas dalam bentrokan antara etnik Rakhine yang beragama Buddha dan etnik Rohingnya yang beragama Islam.

Bentrokan terbaru yang bermula pada Minggu (21/10) itu juga menyebabkan 72 orang mengalami luka-luka, termasuk anak-anak.

"Hingga pagi ini, 51 pria dan 61 perempuan telah tewas," kata Win Myaing seperti dikutip kantor berita AFP pada Jumat (26/10).

Sedikitnya empat kota di sebelah utara ibukota provinsi, Sittwe, mengalami bentrokan yang juga melibatkan pasukan keamanan.

"Peningkatan jumlah korban yang mengalami luka tembakan menunjukkan bahwa pasukan keamanan menggunakan peluru hidup untuk meredam kekerasan," lapor wartawan BBC untuk kawasan Asia Tenggara, Jonathan Head.

Peringatan PBB

Menurut pemerintah, hampir 2.000 rumah dibakar dalam konflik.

Para pejabat pemerintah, seperti dilaporkan Jonathan Head, mengatakan bahwa upaya menangani masalah ini terhambat oleh kemarahan publik di sebagian besar wilayah Burma terhadap warga Rohingya dengan jumlah sekitar 800.000 tetapi tidak diakui sebagai warga negara.

Mereka dikategorikan sebagai pendatang gelap dari negara tetangga, Bangladesh. Sebelumnya terjadi serangkaian demonstrasi untuk menuntut agar mereka diusir dari Burma.

Sementara itu PBB memperingatkan bahwa proses reformasi di Burma terancam akibat kekerasan antara etnik Rakhine dan Rohingya .

"Serangan milisi, ancaman dengan sasaran tertentu dan retorika ekstrem harus dihentikan," kata seorang juru bicara Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam pernyataan yang dikeluarkan di Yangon.

"Bila hal itu tidak dilakukan... maka proses reformasi dan proses membuka diri yang sedang ditempuh pemerintah kemungkinan terancam."

Pihak berwenang memperketat keamanan di Rakhine menyusul kekerasan yang pecah beberapa hari lalu.(bbc)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lebih Dari 100 Orang Tewas Akibat Bentrok di Burma

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/10/lebih-dari-100-orang-tewas-akibat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lebih Dari 100 Orang Tewas Akibat Bentrok di Burma

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lebih Dari 100 Orang Tewas Akibat Bentrok di Burma

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger