Hadiah Terindah Guntur Dari Bung Karno

Written By Unknown on Minggu, 18 November 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Minggu, 18 November 2012 09:15 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Masih segar dalam ingatan Guntur Seokarnoputra kado terindah sepanjang hidupnya dari Bung Karno. Bukan dalam bentuk barang ataupun hadiah-hadiah mewah lainnya. Tapi, membebaskan Guntur pergi kemana pun yang disuka tanpa pengawalan.

"Waktu lulus SMA dikasih hadiah, yaitu tidak perlu pengawalan lagi dari Paspampres. Mau cari pacar, tanpa ada yang ngekor lagi," kata Guntur mengingat-ingat masa indah itu.

Sebagai tokoh yang dikagumi, Guntur ingin berbagi kepada anak-anak negeri ini seputar realitas keseharian Presiden Soekarno. Meski ribuan buku seputar Bung Karno sudah ditulis, tapi minim sekali buku yang menceritakan sosok Putra Sang Fajar itu dari sudut anak-anaknya.

Selama menulis buku ini, Guntur tak sama sekali mendasarkan pada catatan tangan atau harian. Semua pengetahuan dan pengalaman yang terekam dalam otak dan pikirannya, menjadi sumber Guntur menuliskan buku setebal 272 halaman ini.

Sejatinya, sudah lama Guntur ingin menerbitkan buku yang berisi kenangan bersama Bung Karno itu. Di kisaran tahun 1977, dia ingat betul niatnya untuk merilis buku Bung Karno harus mengajukan izin dulu kepada pihak berwajib.

Sebetulnya, dorongan itu lebih pada usulan kawannya agar penjualan buku itu aman.

Setelah itu, dia mengaku enggan menerbitkan kedua kali buku ini. Namun, karena desakan anaknya, Puti Guntur Soekarno, dan berdasar pertimbangan lain, Guntur pun luluh. Ia bersedia buku yang berisi memoir ini diterbitkan kembali untuk diketahui publik.

Faktor lainnya yang membuatnya bersedia menerbitkan bukunya lagi karena sekarang sudah tidak perlu minta izin kepada kepolisian.

"Buku ini merupakan edisi revisi dari buku yang sama yang saya terbitkan tahun 1977 zaman Orde Baru.Lucunya ketika buku ini mau saya terbitkan waktu itu saya harus minta izin kepada kepolisian boleh enggak terbitkan buku," ujarnya.

Dia melanjutkan, "sekarang udah nggak pake izin-izinan lagi. Begitu saya setuju pendapat Puti (Guntur Sukarno) saya katakan ya udah," katanya.

Guntur pun berharap buku berjudul 'Bung Karno, Bapakku, Kawanku, Guruku' bisa memberikan jiwa dan semangat yang dimiliki Bung Karno. "Saya juga merasa kalau buku ini bisa diterbitkan lagi saya yakin generasi muda yang baca itu akan berjiwa sebagaimana Bung Karno," ujarnya.

Peluncuran buku tersebut juga dihadiri dari keluarga besar Bung Karno, insan film dan seni, dan tokoh lainnya. (Tribunnews.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hadiah Terindah Guntur Dari Bung Karno

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/11/hadiah-terindah-guntur-dari-bung-karno.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hadiah Terindah Guntur Dari Bung Karno

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hadiah Terindah Guntur Dari Bung Karno

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger