Puluhan Massa Riau Bersih Tuntut Ungkap Korupsi BNI

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Senin, 21 Januari 2013 12:26 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Puluhan massa dari "Gerakan Anti-Korupsi Riau Bersih" menggelar aksi unjuk rasa menuntut aparat penegak hukum untuk mengungkap dugaan kasus korupsi di "tubuh" PT Bank Negara Indonesia Cabang Pekanbaru.

"Ada penyalahgunaan wewenang dan pemberian kredit bermasalah oleh BNI Cabang Pekanbaru kepada seorang nasabah atas nama Rosinta Simarmata," kata koordinator aksi, Febri Prabowo, dalam orasinya di bundaran Tugu Slais, Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, indikasi itu diperkuat dengan bukti-bukti yang salah satunya yakni adanya nota perjanjian kredit Nomor : 2008.119 yang menyebutkan beberapa poin.

Salah satunya kata dia yakni lahan yang digunakan oleh Rosinta adalah lahan milik orang lain yang terbukti pada tahun 2009, Ir. David Silalahi dan Rosinta Simamarta dipidanakan 8 bulan penjara oleh PN Bangkinang karena melakukan perusakan tanaman kelapa sawit  yang diklaim dan atau dipergunakan untuk pencairan kredir ke BNI.

"Dari uraian dan temuan itu, maka kami menuntut agar pihak berwajib segera menindaklanjuti kasus ini," katanya.

Desakan ini, kata dia, khususnya ditujukan untuk pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Polri untuk memeriksa pihak BNI Cabang Pekanbaru yang diduga telah menerima suap sehingga dengan mudah memberikan kredit sebesar Rp4,9 miliar terhadap nasabah tak kompeten.

Sebaiknya juga, demikian Febri, para penegak hukum segera menindak tegas pihak BNI Cabang Pekanbaru karena tidak adanya upaya atau usaha penyitaan aset terhadap nasabah bermasalah itu.

"Kami menilai persoalan penyaluran kredit itu hanya ebagian kecil dari kecurangan BNI 46 dalam penyaluran kredit perbankan. Jelas, imbasnya adalah masyarakat karena hasilnya penyaluran kredit tidak merata. Karena faktanya, kredit untuk orang susah justru dipersulit," katanya.

Aksi massa "Gerakan Anti-Korupsi Riau Bersih" dilakukan dengan damai. Para pengunjuk rasa hanya membentangkan spanduk mengecam BNI dan membagikan selebaran atas tuntutan itu.

Puluhan polisi juga turut mengawal jalannya aksi tersebut hingga berlangsung lancar dan aman. Pihak BNI belum bersedia dikonfirmasi terkait aksi massa itu. (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

Puluhan Massa Riau Bersih Tuntut Ungkap Korupsi BNI

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/01/puluhan-massa-riau-bersih-tuntut-ungkap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puluhan Massa Riau Bersih Tuntut Ungkap Korupsi BNI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puluhan Massa Riau Bersih Tuntut Ungkap Korupsi BNI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger