3 Importir Langgar Aturan Impor Bawang

Written By Unknown on Selasa, 19 Maret 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Selasa, 19 Maret 2013 11:36 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA -Kemendag telah memanggil 14 Importir Terdaftar (IT) Produk Hortikultura, pemilik kontainer berisi bawang putih yang ditahan di pelabuhan Tanjung Perak.  "Yang paling penting adalah ketersediaan bawang di pasar dan harga terjangkau bagi masyarakat,"  ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan Selasa (19/3/2013).

Empat belas perusahaan importir tersebut adalah PT. Ridho Sribumi Sejahtera, PT. Binagloria Enterprindo, PT. Rachmat Rejeki Bumi, PT. Lika Dayatama, PT. Tunas Sumber Rejeki, PT. Pentabiz Internasional, CV. Agro Nusa Permai, PT. Wahana Mitra Mulia, PT. Painan Jintai Resources, PT. Sumber Roso Agromakmur, PT. Dakai Impex, PT. Citra Gemini Mulia, PT. Cahaya Anugerah Abadi Sejahtera, dan PT. Asta Para Wisinda Sentausa.

Pada kesempatan ini, Gita Wirjawan juga mengungkapkan bahwa dari ke-14 importir tersebut, ada tiga importir yang di duga melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu PT. Lika Dayatama, PT. Pentabiz Internasional dan PT. Citra Gemini.

"Untuk PT. Lika Dayatama dan PT. Pentabiz Internasional, barang yang diimpor melebihi alokasi persetujuan impor, sementara itu PT. Citra Gemini melanggar peraturan dengan menggunakan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) yang sudah tidak berlaku. Kami akan mengkaji lebih lanjut sanksi atas pelanggaran yang telah dilakukan,"  ungkap Gita Wirjawan.

Menurut data Badan Karantina, saat ini terdapat 531 kontainer yang berisi bawang, yang terdiri dari 293 kontainer bawang putih (setara 8.790 ton), 30 kontainer bawang bombay (setara 900 ton), 41 kontainer yang telah dikeluarkan oleh Karantina Tanjung Perak, serta 167 kontainer sisanya yang belum teridentifikasi.

Dari 531 kontainer tersebut, sebanyak 464 kontainer yang tertahan akan segera diselesaikan proses perizinannya oleh 14 pemilik IT tersebut.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

3 Importir Langgar Aturan Impor Bawang

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/03/3-importir-langgar-aturan-impor-bawang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

3 Importir Langgar Aturan Impor Bawang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

3 Importir Langgar Aturan Impor Bawang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger