Hasil Penelitian Belum Bisa Mengungkap Penyebab Kidal

Written By Unknown on Selasa, 31 Desember 2013 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menggenggam mainan dan makanan adalah hal yang berbeda bagi bayi. Menurut penelitian, usaha memegang memiliki proses yang berbeda di setiap tahapan umur.

Sebagian besar orang bertangan kanan. Bayi menggunakan tangan kanan untuk memegang makanan pada usia satu tahun. Namun anak anak sampai usia empat tahun masih memilih menggunakan tangan yang mana untuk memegang mainan.

Penelitian yang rilis di jurnal Developmental Psychobiology ini menunjukkan bahwa kecenderungan menggunakan salah satu tangan ternyata tergantung pada apa yang akan dilakukan, bukan usia. Memilih tangan kanan atau kiri adalah genetik, untuk sebagian. Bayi umumnya menghisap jari tangan kanan bukan tangan kirinya.

Tetapi kenapa tangan kanan atau kiri menjadi dominan masih belum jelas. Peneliti Claudia Gonzales dari University of Lethbridgge di Alberta, Kanada masih terkejut bahwa anak berusia tiga tahun tidak memilih mau menggunakan tangan mana.

Penelitian ini meneliti 50 anak dari usia satu sampai lima tahun. Hasilnya untuk mainan anak anak memilih menggunakan tangan kiri atau kanan. Pemilihan ini tidak konstan. Memilih menggunakan tangan mana juga berhubungan dengan fungsi lain yang terhubung dengan otak seperti bahasa dan mengambil keputusan.

Dari penelitian ini ditunjukkan bahwa jika anak sudah konstan memilih tangan tertentu maka fungsi lainnya akan matang lebih cepat. Ini membuka penelitian bagaimana otak berkembang dan kecenderungannya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hasil Penelitian Belum Bisa Mengungkap Penyebab Kidal

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/12/hasil-penelitian-belum-bisa-mengungkap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hasil Penelitian Belum Bisa Mengungkap Penyebab Kidal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hasil Penelitian Belum Bisa Mengungkap Penyebab Kidal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger