Warga Minta Bupati Inhu Cabut Izin PT TPS

Written By Unknown on Rabu, 18 Desember 2013 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Warga Desa Payarumbai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau meminta Pemkab Inhu segera menghentikan dan mencabut izin PT Tugu Palma Sumatera (TPS) karena telah ingkar janji.

"Perusahaan tersebut ingkar janji hingga saat ini belum merealisasikan pembangunan kebun kemitraan," kata Kepala Desa Payarumbai Raja Haris di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, sejak awal berdirinya perusahaan berkomitmen untuk membangun kebun warga, sehingga warga merasa ada niat baik pihak perusahaan, terhitung sejak tahun 2011 hingga tahun 2013, PT TPS belum juga merealisasikan pembangunan kebun plasma untuk masyarakat Desa Payarumbai.

Sesuai dengan perjanjian, PT TPS akan membangunkan kebun plasma seluas 40 persen dari luasan lahan desa yang direncanakan yakni lebih dari 2.000 hektare. Perjanjian itu tertulis sejak tahun 2011, Kemudian dilanjutkan dengan perjanjian lagi pada April 2013.

"Status lahan yang direncanakan oleh PT TPS tersebut telah mendapat izin Usaha Perkebunan dari Pemkab Inhu seluas 2.000 hektare lebih," tegasnya.

Proses penerbitan izin tersebut disetujuil oleh Pemkab Inhu karena adanya kesepakatan kerja sama dengan masyarakat setempat. Sehingga dukungan masyarakat mendapat respon dari Bupati Indragiri Hulu.

Sesuai dengan perjanjian pihak PT TPS akan menyelesaikan pembangunan kebun kemitraan untuk warga seluas 600 hektare hingga bulan Desember 2013, namun kenyataannya juga diingkari oleh perusahaan.

"Saat ini warga akan menghentikan kerja sama dengan PT TPS," tegasnya.

Keputusan itu terkait adanya komitmen dan pernyataan PT TPS yang berjanji siap mundur jika hingga Desember 2013 tidak mampu membangun kebun seluas 600 hektare untuk masyarakat. Selain itu atas batalnya perjanjian kesepakatan itu warga meminta Bupati Indragiri Hulu menghentikan aktivitas perusahaan dan mencabut izinnya.

"Karena batal maka pihak masyarakat akan mencari perusahaan lain yang siap untuk berinvestasi," sebutnya.(antara)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Minta Bupati Inhu Cabut Izin PT TPS

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/12/warga-minta-bupati-inhu-cabut-izin-pt.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Minta Bupati Inhu Cabut Izin PT TPS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Minta Bupati Inhu Cabut Izin PT TPS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger