Bioskop Ini Terletak di Gurun Pasir

Written By Unknown on Kamis, 13 Maret 2014 | 12.47

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com: Ariestia

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Apa bayangan kita tentang bioskop? Tentunya gedung atau ruangan besar tempat menonton film layar lebar. Saat ini bioskop rata-rata dilengkapi air conditioner (AC) agar penonton menikmati hiburan dengan nyaman.

Sangat berbeda dengan bioskop yang ada di ujung selatan Semenanjung Sinai, Mesir. Bioskop tersebut didesain bukan dalam bangunan, tapi di ruang terbuka dan terletak di gurun pasir yang luas. Letaknya pun hanya bisa dijangkau melalui satu jalan, yang dinamakan Dusti Road, jalan yang berdebu. Hanya sedikit pula orang yang pernah pergi ke sana.

Layaknya bioskop lain, bioskop padang pasir ini punya barisan bangku penonton yang berjumlah 150. Namun bangku terbuat dari kayu yang kini tampak berwarna cokelat tua dan bentuknya sudah mulai kusam. Di bagian depan terdapat pondasi untuk layar yang sudah rusak. Sedangkan bangunan untuk generator dan proyektor mulai hancur di sana-sini.

Ya, sejak didirikan pada awal milenium bioskop itu dibiarkan tetap kosong hingga sekarang. Menurut Kaupo Kikkas, fotografer asal Estonia, bioskop padang pasir ini bermula atas ide 'gila' seorang kaya raya asal Perancis. Setelah melihat tempat itu, ia memikirkan adanya sebuah bioskop di padang pasir.

Dia lalu terbang ke Perancis, dan mengumpulkan uang. Setelah itu pergi ke Kairo membeli kursi-kursi tua dan peralatan proyeksi dari sebuah bioskop tua. Lalu kembali ke Sinai dan mempersiapkan generator untuk traktor besar yang akan menaikkan layar. Setelah semua selesai, pemutaran film perdana pun dilakukan.

Sayang sekali, malam pemutaran perdana itu berjalan tak sesuai rencana. Tanpa diduga, generator yang akan digunakan sebagai pembangkit listrik tidak berfungsi sehingga pemutaran film pun gagal. Menurut dugaan, generator itu disabotase, karena penguasa lokal tampaknya tidak senang dengan ide adanya bioskop di padang pasir itu.

"Mesir semacam negara polisi. Di Sinai, sebenarnya ada larangan untuk pergi ke padang pasir jika anda tidak dalam tur atau perjalanan yang terorganisir. Tur dan perjalanan tersebut akan membawa anda ke tempat-tempat yang sama, dan nyatanya satu rute, jauhnya dua mil dari bioskop itu," katanya dilansir dari Dailymail, Rabu (12/3). (Dailymail)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bioskop Ini Terletak di Gurun Pasir

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/03/bioskop-ini-terletak-di-gurun-pasir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bioskop Ini Terletak di Gurun Pasir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bioskop Ini Terletak di Gurun Pasir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger