Jokowi Janji Jakarta Bersih, Korupsi Dinas Pendidikan Kok Didiamkan?

Written By Unknown on Minggu, 20 April 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Sikap Gubernur DKI Jakarta Jokowi kembali dikritisi setelah lebih memilih tidak melaporkan ke penegak hukum meski mengetahui adanya indikasi korupsi dalam temuan duplikasi anggaran sebesar Rp 700 miliar dan mark up anggaran sebesar Rp 500 miliar di Dinas Pendidikan (Disdik) DKI.

Kritikan tersebut dilontarkan pengamat hukum dari Universitas Hasanuddin Makassar, Margarito, dimana menurutnya Jokowi harus membuktikan bahwa pemerintahan bersih yang diusungnya bukan retorika semata.

Tidak melaporkan indikasi korupsi, kata Margarito, menunjukkan tidak sesuainya kata dan perbuatan.

"Sulit dilabeli pemimpin hebat kalau begitu. Dia (Jokowi) rajin bicara pemerintahan bersih tapi ketika menemukan hal yang berlawanan di depan matanya, hanya diam," ujar Margarito dalam keterangannya, Minggu (20/4/2014).

Margarito mengingatkan bahwa masyarakat rindu dengan pemberantasan korupsi dalam pemerintahan yang bersih. Namun melihat sikap Jokowi, maka sulit menjawab apakah Jokowi punya semangat memberantas korupsi.

"Kenyataannya ada fakta korupsi, dia diam saja. Bagaimana bisa diandalkan punya semangat anti korupsi? Sulit mengatakan, karena itu dia harus jawab. Buktikan tidak sekedar retorika, tapi riil mewujudkannya," cetusnya.

Menurutnya Jokowi harusnya pro aktif setelah mengetahui ada kasus dugaan korupsi di instansi yang dipimpinnya. Termasuk kasus dugaan korupsi pengadaan bus Transjakarta.

"Wajib hukumnya bagi Jokowi memerintahkan Bawasda, BPKP untuk menyelidiki semua permainan atau indikasi penyimpangan perencanaan pengunaan uang negara. Kalau hasilnya administrasi, selesaikan didalam. Kalau pidana, berikan ke KPK, kepolisian atau kejaksaan. Harus dilakukan, tidak bisa tidak. Kalau tidak dilakukan, dia melalaikan kewajiban hukumnya," paparnya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Janji Jakarta Bersih, Korupsi Dinas Pendidikan Kok Didiamkan?

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/04/jokowi-janji-jakarta-bersih-korupsi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Janji Jakarta Bersih, Korupsi Dinas Pendidikan Kok Didiamkan?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Janji Jakarta Bersih, Korupsi Dinas Pendidikan Kok Didiamkan?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger