Gedung Putih Tidak Sengaja Sebut Nama Agen CIA di Afganistan

Written By Unknown on Selasa, 27 Mei 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Pihak Gedung Putih tidak sengaja menyebutkan nama agen rahasia CIA di Afganistan. Nama agen tersebut telanjur tersebar ke ribuan reporter di seluruh dunia.

Diberitakan CNN, Senin 26 Mei 2014, agen yang biasanya hanya disebut jabatannya, "kepala pangkalan" di Kabul disebutkan nama lengkapnya dalam manifest 15 pejabat militer senior AS yang bertemu dengan Presiden Barack Obama dalam kunjungannya ke Afganistan Sabtu lalu.

Daftar ini dikirimkan oleh pihak Gedung Putih ke reporter Washington Post yang mewakili media. Reporter yang bertugas sebagai "pool jurnalis" ini kemudian mengirimkannya ke sekitar 6.000 reporter dari berbagai media.

Kesalahan ini baru diketahui setelah reporter Washington Post memberitahukan pihak Gedung Putih. Biasanya, nama agen CIA yang bertugas tidak pernah dipublikasikan. Hal ini demi keselamatan dirinya dan keluarganya di tempat bertugas atau Tanah Air.

Agen CIA ini bertugas untuk membina hubungan dengan intelijen setempat serta melakukan tugas mata-mata ke berbagai wilayah. Menyadari bahayanya jika nama ini tersebar, kantor-kantor berita besar seperti CNN, Washington Post, Associated Press, Reuters, dan lainnya memutuskan untuk tidak mempublikasikan namanya.

Ini bukan kali pertama agen CIA tidak sengaja disebut namanya. Pada 2003, pemerintah George W. Bush menyebutkan nama Valerie Plame sebagai salah satu mata-mata CIA. Tindakan ini dilakukan oleh penasihat Wakil Presiden Dick Cheney, Lewis Libby untuk mendiskreditkan suami Plame, mantan duta besar yang mengkritik kebijakan Bush menginvasi Irak.

Kerahasiaan nama agen mata-mata CIA diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Identitas Intelijen AS. Bagi yang membocorkannya bisa dipenjara selama 30 bulan. Salah satunya yang pernah dihukum karena kasus ini adalah mantan agen CIA John Kiriakou karena menyebut nama seorang agen pada reporter.

Pada 2010, agen mata-mata AS di Pakistan, Jonathan Bank, sempat dievakuasi dari kantornya setelah sebuah koran lokal menyebutkan namanya. Nyawa Bank terancam, dia akhirnya dipindahkan.(CNN/viva)


Anda sedang membaca artikel tentang

Gedung Putih Tidak Sengaja Sebut Nama Agen CIA di Afganistan

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/05/gedung-putih-tidak-sengaja-sebut-nama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gedung Putih Tidak Sengaja Sebut Nama Agen CIA di Afganistan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gedung Putih Tidak Sengaja Sebut Nama Agen CIA di Afganistan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger