Iklan Televisi: Prabowo-Hatta: Rp93.7 miliar, Jokowi-JK: Rp92.9 miliar

Written By Unknown on Senin, 07 Juli 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA- Belanja iklan di televisi yang telah dikeluarkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Pilpres 2014 mencapai Rp186,6 miliar

Hal tersebut diungkapkan oleh Sigi Kaca Pariwara dalam keterangan persnya, Senin 7 Juli 2014.

"Jumlah ini memang lebih kecil dibandingkan kampanye pileg lalu yang belanja iklan TV-nya mencapai Rp340 miliar. Namun, jumlah Rp186 miliar masih bisa dikatakan wajar, mengingat tentu tidak semua parpol peserta koalisi di kedua pihak, akan all out untuk ikut urun dana kampanye bagi capres yang didukungnya," ujar Direktur Sigi, Sapto Anggoro.

Berdasarkan analisis Sigi, nilai iklan televisi pasangan Prabowo-Hatta total mencapai Rp93.7 miliar. Sementara itu, nilai iklan televisi capres yang disebarkan kubu Jokowi-JK sebesar Rp92.9 miliar.

Angka tersebut diperoleh Sigi setelah melakukan monitoring dan riset terhadap penayangan spot iklan TV (television commercial/TVC) yang masuk dalam kategori iklan kampanye capres-cawapres. Monitoring dilakukan sesuai dengan masa periode kampanye pilpres, yakni mulai 4 Juni 2014 pukul 00.00 WIB hingga 5 Juli 2014 pukul 24.00 WIB.

"Pembiayaan terhadap aktivitas monitoring dan riset ini menggunakan dana internal Sigi," kata Sapto.

Sigi menghitung frekuensi setiap spot iklan TV yang muncul di televisi dan menjumlahkannya dengan harga komersial spot iklan TV pada masing-masing televisi, berdasarkan update ratecard yang disampaikan setiap stasiun TV. Ada 13 stasiun TV yang dimonitor dalam 24 jam per hari selama masa kampanye pilpres tersebut.

Mereka adalah stasiun televisi RCTI, SCTV, Trans 7, Trans TV, Indosiar, tvOne, Metro TV, ANTV, MNC TV, Global TV, TVRI, Kompas TV, dan Net TV.

"Hasil yang kami dapat, selama periode masa kampanye capres tersebut, ada 5.775 spot iklan TV Capres yang tayang di televisi," kata dia.

Sebanyak 2.900 spot iklan atau 50,2 persen menayangkan iklan capres yang diusung Partai Gerindra dan mitra koalisinya, Prabowo-Hatta. Sementara itu, sisanya 2.875 spot iklan atau sekitar 49,8 persen menayangkan iklan capres yang didukung PDIP dan parpol koalisinya, Jokowi–Kalla.

Iklan sebanyak itu terbagi dalam 55 tema iklan TV capres. Sebanyak 28 tema diproduksi oleh kubu Prabowo–Hatta, sedangkan kubu Jokowi–JK menampilkan 27 tema iklan TV capres.  (viva)


Anda sedang membaca artikel tentang

Iklan Televisi: Prabowo-Hatta: Rp93.7 miliar, Jokowi-JK: Rp92.9 miliar

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/07/iklan-televisi-prabowo-hatta-rp937.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Iklan Televisi: Prabowo-Hatta: Rp93.7 miliar, Jokowi-JK: Rp92.9 miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Iklan Televisi: Prabowo-Hatta: Rp93.7 miliar, Jokowi-JK: Rp92.9 miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger