BMKG: Hujan Angin Berpeluang Landa Riau

Written By Unknown on Kamis, 07 Agustus 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang berpeluang melanda sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan, demikian analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai dengan cara tidak berada di dekat pepohonan ketika hujan atau angin kencang datang melanda suatu daerah tertentu," kata Bibin Suliyanto kepada Antara di Pekanbaru, Kamis siang.

Ia kembali menjelaskan, potensi hujan disertai angin kencang berada di sebagian besar wilayah kabupaten/kota, terkecuali di daerah Tembilahan yang hanya memiliki peluang hujan sangat kecil.

Selebihnya meliputi Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Meranti, Pelalawan, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan lainnya berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang-tinggi bahkan disertai angin kencang.

"Untuk potensi adanya angin puting beliung masih belum terdeteksi. Bentuknya hanya angin kencang mengingat pertumbuhan awan yang cukup pesat di Riau," kata dia.

Menurut dia, peluang terjadinya hujan juga berpotensi mengurangi titik panas (hotspot) yang selama ini cukup banyak bermunculan di daratan Provinsi Riau.

"Secara umum hujan yang akan terjadi di Riau merata dan ini berpeluang mengurangi jumlah titik panas," katanya.

Titik panas (hotspot) merupakan hasil rekaman satelit dari suhu udara di atas 40 derajat celsius yang patut diduga sebagai peristiwa kebakaran hutan dan lahan.

Sepanjang 2014, di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau telah terjadi peristiwa tersebut, mengakibatkan sedikitnya 25 ribu hektare hutan dan lahan hangus dan menghasilkan asap yang mencemari ruang udara di sebagian wilayah.

Pada Rabu (6/8), Satelit NOAA 18 milik Amerika Serikat yang dioperasikan Singapura merekam keberadaan sepuluh titik panas di daratan Sumatera dan di Riau hanya ada dua titik. (antara)


Anda sedang membaca artikel tentang

BMKG: Hujan Angin Berpeluang Landa Riau

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/08/bmkg-hujan-angin-berpeluang-landa-riau.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BMKG: Hujan Angin Berpeluang Landa Riau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BMKG: Hujan Angin Berpeluang Landa Riau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger