FKM-GSD Pertanyakan Kesiapan Pemekaran Sahilan Darussalam

Written By Unknown on Kamis, 07 Agustus 2014 | 12.47

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com: Budi Rahmat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Gunung Sailan Darussalam (FKM-GSD) Sekaligus Presiden Mahasiswa UIR Yusroni Tarigan mempertanyakan persiapan berbagai elemen untuk menyambut kehadiran Daerah Otonom Baru (DOB). Terutama mengenai persiapan pemekaran Kabupaten Sailan Darussalam.

Menurutnya, pembentukan DOB atau pemekaran wilayah membicarakan nasib semua orang yang menuntut kesejahteraan dan keadilan. Dijelaskannya  lagi, DOB dijamin dalam UU otonomi daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan makmur.

"Fenomena ini tidak hanya ditingkat lokal, namun juga dibicarakan di tingkat nasional. Tuntutan Kesejahteraan dan kedailan yang disuarakan berbagai elemen masyarakat adalah fenomena ketidak terjangkauan dan ketidak merataan pembangunan oleh kabupaten induk, sehingga kita sering mendengar istilah Anak Tiri dan anak kandung," ujarnya pada Tribun, Kamis (7/8/2014)

Selain itu menurut Yusroni, telah menjadikan ketidak-mampuan dan ketidak berdayaan dalam pemenuhan kebutuhan dasar (sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan). Sulitnya melakukan kegiatan produktif (karena kemampuan kecakapan hidup tidak diberdayakan).

Selanjutnya, dipaparkan Yusroni, kemiskinan kultural (budaya) sehingga terus merasa tidak bermartabat dan tidak memliki harga diri serta kurangnya rasa percaya diri kita sebagai daerah yang berbudaya dan beradat. Sehingga tidak memiliki orientasi yang jauh kedepan.

Otonomi daerah hakekatnya ditujukan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dengan memperhatikan azas kebersamaan melalui peran serta masyarakat yang berkeadilan. Serta tata kelola sumber daya daerah sesuai dengan potensi dan keanekaragaman hayati daerah yang tersedia untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ini semua merupakan sebagai kebutuhan dalam upaya mendekatkan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas pelayanan publik, untuk kesejahteraan masyarakat secara merata dan berkeadilan".terangnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

FKM-GSD Pertanyakan Kesiapan Pemekaran Sahilan Darussalam

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/08/fkm-gsd-pertanyakan-kesiapan-pemekaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

FKM-GSD Pertanyakan Kesiapan Pemekaran Sahilan Darussalam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

FKM-GSD Pertanyakan Kesiapan Pemekaran Sahilan Darussalam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger