Ternyata Selera Makanan Juga Dipengaruhi Usia

Written By Unknown on Minggu, 15 Februari 2015 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Di usia anak-anak, banyak makanan yang mereka tidak suka dan hanya mau makan jenis makanan yang itu-itu saja. Tetapi, saat dewasa biasanya orang mulai menyukai berbagai makanan yang dulu mereka benci. Banyak faktor yang bisa mengubah pilihan kita pada makanan favorit, salah satunya usia.

Sebuah survei menemukan bahwa, rata-rata orang di usia 22 tahun mereka mulai mampu untuk menerima makanan yang lebih kompleks dan memiliki rasa yang kuat, misalnya keju dari susu kambing, saus sambal dan alpukat.

Tim peneliti mengidentifikasi 20 makanan yang tidak mungkin kita nikmati sampai kita melewati masa remaja akhir dan mulai memasuki umur 20-an. Sebelumnya, para ilmuwan telah menjelaskan bahwa selera dan indera perasa pada manusia dapat berubah seiring usia.

Bayi dilahirkan dengan rasa keinginan bawaan terhadap makanan yang manis, karena ASI seorang ibu secara alami telah mengandung gula dan lemak. Para bayi memiliki sekitar 30.000 sensor rasa dalam mulutnya sehingga makanan dengan rasa kuat akan dirasa mereka jauh lebih intens.

Ini sebabnya makanan balita biasanya terasa hambar karena mereka tidak terlalu suka rasa yang terlalu kuat. Pada saat dewasa, hanya sepertiga dari sensori rasa kita yang masih tetap, terutama pada lidah, karenanya kita dapat mentolerir dan menikmati rasa yang lebih kuat.

Menurut survei, banyak dari kita yang selama masa kanak-kanak sampai remaja merasa sulit untuk merasakan atau mencicipi rasa yang begitu kuat, seperti pada ikan makarel.

Begitu pun dengan keju, sebagian besar orang yang berusia 21 tahun lebih menyukai keju parmesan dan saat berusia 22 lebih suka untuk mengkonsumsi blue cheese. Sedangkan pada kebanyakan orang, mereka tidak begitu menyukai kari pedas sampai akhir masa remaja mereka.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ternyata Selera Makanan Juga Dipengaruhi Usia

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2015/02/ternyata-selera-makanan-juga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ternyata Selera Makanan Juga Dipengaruhi Usia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ternyata Selera Makanan Juga Dipengaruhi Usia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger