Ini Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Written By Unknown on Senin, 30 Maret 2015 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Halitosis atau bau mulut merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Komponen utama bakteri yang menyebabkan bau mulut, kata Ketua PDGI Wilayah Riau, drg Sri Asih Gahayu MKes, adalah hidrogen sulfida dan merkaptan. Bau mulut terutama bersumber dari dalam mulut, atau dapat pula disebabkan oleh hal lain yang berasal bukan dari dalam mulut.

"Gigi berlubang selalu menjadi masalah penyebab bau mulut. Penumpukan makanan yang ada di dalam gigi yang berlobang tersebut yang menimbulkan bau tak sedap ini. Bayangkan saja, makanan yang dibiarkan di luar saja lama-lama akan menjadi basi dan bau. Begitu juga dalam mulut makanan yang tersimpan dalam lobang gigi kerap menimbulkan bau," ungkap Sri.

Selain itu, karang gigi juga menjadi penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Karang gigi ini berasal dari makanan yang tidak dibersihkan dengan sikat gigi. Ada yang berwarna kuning berarti ia sudah berafiliasi dengan air ludah.

"Bahkan ada yang sampai hijau warnanya, ini berarti makanannya sudah tercampur dengan darah yang berada di seputaran dalam gusi. Pada kasus ini menunjukkan seseorang tingkat higienitasnya sangat buruk sekali," jelas Sri.

Ada juga penyebab bau mulut karena aliran ludah (saliva) sedikit atau kering. Normalnya basah tetapi pada beberapa orang kering laju salivanya tidak normal seperti pada umumnya. Selain itu kurang minum air putih juga menyebabkan bau mulut. Seperti kita ketahui saat berpuasa, nafasnya jadi kurang segar dan bau.

Air ludah membantu membersihkan mulut. Kurangnya asupan air minum dapat membuat mulut kering dan mengeluarkan bau tidak sedap. Contoh paling umum saat tidur, produksi air liur berkurang dan saat bangun pagi mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Makanan atau bumbu makanan tertentu yang mempunyai bau yang tajam, seperti jengkol, petai, bawang, daging, dan durian. Tentu saja bila ada sisa yang tertinggal di dalam mulut dapat meninggalkan bau, apalagi bila terselip di antara gigi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2015/03/ini-penyebab-bau-mulut-dan-cara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger