Ini Trik Untuk Mengamati Gerhana Bulan Malam Ini

Written By Unknown on Sabtu, 04 April 2015 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Fenomena gerhana bulan akan menyapa Indonesia pada Sabtu (4/4/2015). Bulan merah darah itu bisa disaksikan dari seluruh Indonesia.

Agar bagian paling menarik fenomena tersebut bisa diamati, beberapa trik diperlukan. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah lokasi pengamatan, waktu pengamatan, serta arah pandang dan peralatan.

Bagian paling menarik dari gerhana bulan adalah totalitasnya. Saat itulah, bulan akan berada pada area bayangan Bumi dan berubah merah darah. Totalitas gerhana nanti bakalan terjadi antara pukul 18.58 - 19.02 WIB, 19.58 - 20.02 WITA, atau 20.58 - 21.02 WIT.

Berdasarkan waktu tersebut, maka Bulan masih berada di dekat tempat terbitnya saat gerhana terjadi. Jadi, untuk mengamati totalitas gerhana, pengamat harus mengarahkan mata ke timur.

Lokasi pengamatan sebaiknya wilayah yang jauh dari polusi cahaya dan lapang, tak ada obyek yang menghalangi pandangan terutama di arah timur. Lokasi tersebut bisa alun-alun ataupun di lantai teratas sebuah gedung.

Bila Anda ingin mengabadikan fenomena gerhana, ada baiknya memilih lokasi yang dekat dengan landmark agar foto lebih menarik. Warga Jakarta misalnya, bisa mengabadikan gerhana di dekat Monumen Nasional ataupun Kota Tua.

Waktu pengamatan bisa menyesuaikan dengan minat, ingin mengamati seluruh tahap gerhana atau hanya ingin totalitasnya. Hanya saja, perlu diingat bahwa hanya warga Indonesia timur yang bisa melihat seluruh tahapan gerhana.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Trik Untuk Mengamati Gerhana Bulan Malam Ini

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2015/04/ini-trik-untuk-mengamati-gerhana-bulan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Trik Untuk Mengamati Gerhana Bulan Malam Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Trik Untuk Mengamati Gerhana Bulan Malam Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger