Ratusan Lumba-lumba Terdampar, Masyarakat Jepang Takut Bakal Ada Tsunami

Written By Unknown on Selasa, 14 April 2015 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sejak beberapa hari lalu, 160 lumba-lumba kepala melon terdampar di pantai Jepang. Fenomena itu mau tak mau menimbulkan kecemasan warga Jepang akan kemungkinan adanya tsunami.

Lumba-lumba itu terdampar dalam kondisi lemas ataupun mati di sepanjang 10 km pesisir Hokato yang menghadap Samudera Pasifik. Jaraknya sekitar 100 km sebelah utara Tokyo.

Belum diketahui apa yang menyebabkan kejadian ini. Seperti dilansir Daily Mail, pihak berwenang masih menyelidiki. Namun rumor tsunami akan terjadi makin meluas.

Para ahli membantah rumor tersebut dengan menyebutnya sebagai dugaan yang tidak ilmiah. Mereka malah mempercayai lumba-lumba kepala melon itu terinfeksi parasit.

Ada kemungkinan lumba-lumba itu ketakutan oleh gangguan kawasan gelombang elektromagnetik yang disebabkan gerakan lempeng tektonik. Hal itu dikatakan Toshiaki Kishiro, Kepala Cetacean Resources di Institut Penelitian Nasional Jepang bidang Perikanan dan Kelautan. Namun belum ada bukti kuat atas dugaan tersebut.

Meskipun usaha pihak berwenang untuk menenangkan masyarakat, rumor akan adanya tsunami tetap berkembang di media sosial. Seorang pengguna Twitter menulis: 'Apakah (tsunami) yang berikutnya akan datang? Bersiap untuk gempa.'

Ketakutan itu beralasan. Gempa bawah laut yang terjadi pada 2011 di negara itu menimbulkan tsunami sehingga 19.000 orang meninggal. Enam hari sebelumnya, 50 lumba-lumba kepala melon terdampar di pantai.

Juga pada 2011, sebelum terjadinya gempa besar 9 skala Richter, sekitar 100 paus pilot mati terdampar di pantai terpencil di New Zealand. Dua hari setelah itu terjadi gempa besar di Christchurch New Zealand.

Begitu juga menjelang tsunami 2004 yang menelan ratusan ribu nyawa manusia. Sebelum gempa yang berpusat di Samudera Hindia, 170 paus terdampar di pantai di Australia dan New Zealand beberapa hari sebelumnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Lumba-lumba Terdampar, Masyarakat Jepang Takut Bakal Ada Tsunami

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2015/04/ratusan-lumba-lumba-terdampar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Lumba-lumba Terdampar, Masyarakat Jepang Takut Bakal Ada Tsunami

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Lumba-lumba Terdampar, Masyarakat Jepang Takut Bakal Ada Tsunami

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger