Sejumlah Lubang Misterius di Tanah Siberia Bikin Para Ilmuwan Cemas

Written By Unknown on Selasa, 24 Februari 2015 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM - Para ilmuwan Juli tahun lalu keheranan saat menemukan tiga lubang raksasa yang misterius di tanah Semenanjung Yamal, sebelah utara Siberia. Namun dengan bantuan satelit, ditemukan lagi tiga kawah tambahan.

Peneliti jadi yakin masih ada puluhan lubang misterius lainnya di daerah tersebut. Hal itu sangat mencemaskan dan perlu penelitian secepatnya untuk melindungi masyarakat yang tinggal di sana.

"Saya yakin masih ada kawah lainnya di Yamal, kita hanya perlu mencarinya. Saya pikir masih ada 20 sampai 30 kawah lainnya," kata Prof Vasily Bogoyavlensky, anggota Russian Academy of Sciences dan wakil direktur Oil and Gas Research Institute di Moskow pada The Siberian Times.

Ia menambahkan, bukan untuk menakut-nakuti orang tetapi hal itu merupakan masalah serius dan harus diteliti. Beberapa peneliti telah mencoba menelaah ke dalam kawah itu pada November 2014 untuk mendapatkan data mengenai lubang tersebut. Data itu untuk dipelajari agar nantinya dapat diketahui apa yang menyebabkan terbentuknya lubang tersebut.

Seperti diberitakan Siberian Times Desember 2014, teori-teori yang berkembang menyebutkan lubang kawah disebabkan ledakan gas akibat temperatur yang sangat panas di perut bumi. Ada lagi yang mengkaitkan dengan naiknya temperatur akibat perubahan iklim.

Karena para ilmuwan tidak dapat memperkirakan kapan dan dimana akan terjadi lagi ledakan gas, sangat berbahaya meneliti lubang-lubang itu. Namun menurut Bogoyavlensky, timnya berencana untuk mengadakan ekspedisi baru dan membuat pos-pos di daerah itu untuk mendekteksi gempa bumi yang akan memunculkan lagi kawah yang baru.

"Kita perlu menjawab pertanyaan dasarnya sekarang: area apa dan kondisi apa yang sangat berbahaya? Pertanyaan ini penting agar operasi penelitian berjalan aman di kota-kota sebelah utara serta kompleks infrastruktur minyak dan gas," tuturnya dilansir The Huffington Post.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sejumlah Lubang Misterius di Tanah Siberia Bikin Para Ilmuwan Cemas

Dengan url

https://pakanbarupos.blogspot.com/2015/02/sejumlah-lubang-misterius-di-tanah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sejumlah Lubang Misterius di Tanah Siberia Bikin Para Ilmuwan Cemas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sejumlah Lubang Misterius di Tanah Siberia Bikin Para Ilmuwan Cemas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger