BPBD Riau Mulai Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

Written By Unknown on Sabtu, 06 Oktober 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Sabtu, 6 Oktober 2012 12:36 WIB

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hengki Seprihadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mulai menyiapkan strategi antisipasi bencana banjir di Riau. Hal itu dikatakan Kepala BPBD Riau, Syamsurizal, Jumat (5/10/2012) di Pekanbaru.

"Saat ini mulai memasuki musim hujan. Kami sedang menyusun perencanaan untuk mengantisipasi segala kemungkinan bencana akibat musim hujan ini. Banjir adalah salah satu yang paling mengancam bagi masyarakat selama musim penghujan mendatang," ujar Syamsurizal.

Syamsurizal memberi keterangan, BPBD bertugas minimal mengurangi resiko bencana. "Semua tugas kita bertolak dari tugas pokok dan fungsi. Sekarang mulai masuk musim hujan, kami bertindak sesuai kondisi cuaca, untuk mengantisipasi kemungkinan bencana," ujar Syamsurizal.

Sebulan belakangan ini, BPBD Riau membantu BNPB dan BPPT melakukan penyemaian bibit hujan buatan di wilayah Riau. "Paling tidak ini dapat menekan bencana asap yang terjadi. Karena mengurangi wilayah yang bakal terbakar. Karena kalau sudah basah, tidak bisa terbakar," ujar Syamsurizal.

Selain itu, hujan buatan itu menurutnya juga mengurangi resiko kabut asap. "Bila terjadi kiriman asap dari luar daerah, hujan juga dapat menurunkan lingkungan asap di wilayah yang ada hujan itu," kata Syamsurizal.

Ia lantas memberi keterangan, seluruh kegiatan penyemaian hujan buatan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, seluruhnya menggunakan anggaran dari APBN. "Tidak ada memakai APBD," katanya.

Menurut Syamsurizal, satu unit helikopter pemadam kebakaran hutan bertugas terakhir kali pada 21 September lalu. Sedangkan pesawat penyemai hujan buatan, bertugas terakhir kali di Riau pada 29 September lalu.

Selama masa tugas pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau bersama BNPB dan BPPT, Syamsurizal mengatakan, pernah melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Pelalawan, Inhu dan Inhil. Pemadaman itu dengan bantuan helikopter yang dilengkapi alat bumby bucket.

"Kami melihat, memang ada masyarakat terlibat membakar lahan. Tapi masyarakat tidak bisa disalahkan sepenuhnya, pemerintah daerah harusnya memberi solusi, tidak hanya melarang saja," kata Syamsurizal. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

BPBD Riau Mulai Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/10/bpbd-riau-mulai-siapkan-rencana.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BPBD Riau Mulai Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BPBD Riau Mulai Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger