28 Polisi Terbunuh di Tahun 2012

Written By Unknown on Minggu, 23 Desember 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Minggu, 23 Desember 2012 10:58 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Sebanyak 28 polisi tewas dan 12 lainnya luka-luka saat menjalankan tugas di sepanjang tahun 2012. Sebagian besar polisi yang tewas, 23 polisi adalah polisi jajaran bawah akibat dibunuh pelaku kriminal.

"Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2011, yang jumlah polisi tewas saat bertugas hanya 20 orang," tulis Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Minggu (23/12/2012). .

Tragisnya, di tahun 2012 ini ada empat polisi yang dibakar masyarakat. Dua di antaranya tewas dan dua lainnya luka-luka. Menurut Neta, dalam tahun-tahun sebelumnya, aksi pembakaran terhadap polisi ini tidak pernah terjadi.

"Trend lainnya adalah dua polisi melakukan aksi bunuh diri di tempat tugasnya, di kantor polisi. Selain itu ada dua polisi tewas ditembak rekannya sendiri," lanjut Neta.

Dari pendataan IPW sepanjang tahun 2012, Papua merupakan daerah paling rawan bagi kepolisian. Ada delapan peristiwa konflik orang tak dikenal dengan polisi di Papua yang menewaskan 10 polisi.

Posisi daerah terawan kedua adalah Sulawesi Tengah. Ada lima peristiwa konflik polisi dengan orang tak dikenal yang menyebabkan lima polisi tewas. Daerah terawan ketiga adalah Solo, Jawa Tengah. Di daerah ini ada empat konflik polisi dengan orang tak dikenal yang menewaskan lima polisi dan empat luka-luka.

Sejak awal tahun 2012, IPW sudah memprediksi bahwa polisi akan menjadi sasaran dari para pelaku kejahatan, baik teroris maupun kriminal lainnya.

Untuk itu Polri harus segera introspeksi dan berbenah, melatih jajaran bawahnya dengan maksimal, membenahi psikologi dan stabilitas emosional personilnya serta meningkatkan kualitas pendidikan di SPN.

"Pendidikannya jangan hanya 3-5 bulan seperti sekarang ini, minimal 2 tahun agar polisi-polisi di jajaran bawah bisa benar-benar terlatih dan profesional, terutama menghadapi para pelaku kriminal," kata Neta. (Tribunnews.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

28 Polisi Terbunuh di Tahun 2012

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/12/28-polisi-terbunuh-di-tahun-2012.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

28 Polisi Terbunuh di Tahun 2012

namun jangan lupa untuk meletakkan link

28 Polisi Terbunuh di Tahun 2012

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger