Napak Tilas Rute PDRI

Written By Unknown on Selasa, 18 Desember 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Selasa, 18 Desember 2012 12:21 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU  - Hari Bela Negara setiap tahunnya diperingati pada tanggal 19 Desember. Resimen Mahasiswa (Menwa) sebagai organisasi kepemudaan berbasis kampus, yang menerapkan jiwa bela negara turut memeriahkan peringatan hari besar nasional itu. Untuk itu, Komando Resimen Maharuyung Sumatera Barat menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam durasi tanggal 16-19 Desember 2012.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Bela Negara Komando Resimen Maharuyung Sumatera Barat, Dasril yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Resimen Maharuyung Sumbar, kepada Tribun menyebutkan, Komando Resimen Maharuyung Sumatera Barat setiap tahunnya melakukan peringatan hari bela negara.

"Untuk tahun ini, kami akan mengadakan serangkaian kegiatan dengan tiga kegian inti. Tiga kegiatan inti itu yakni seminar bela negara, napak tilas dan upacara hari bela negara. Kegiatan ini tidak saja diikuti oleh Satuan Menwa yang ada di Sumatera Barat, namun juga diikuti oleh utusan satuan Menwa se-Sumatera," ungkap Dasril.

Kegiatan ini, ulas Dasril, merupakan kerjasama Komando Resimen Maharuyung Sumbar dengan Dispora Provinsi Sumbar, dan Satuan Menwa 105 Mahadaya ISI Padang Panjang. Kegiatan akan dimulai dengan seminar bela negara yang diLaksanakan di Kampus ISI Padang Panjang pada tanggal 17 Desember (kemarin).

"Seminar ini mengangkat tema"Menguak PDRI: Hilangnya Sejarah, Antara Menyelamatkan Negara dan Transisi Pemerintahan RI". Kami menghadirkan pembicara dari pelaku sejarah H Abdul Samad Datuk Bagindo Kayo, dosen sejarah Fakultas ADAB IAIN IB Padang Dr Danil M Chaniago Mhum, dan Edwarsaya Ramli S Sos Kabid Pemeberdayaan Pemuda Dispora Sumbar. Tadi, saya yang langsung moderator," terang alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Kemudian, tambah Dasril, kami akan melaksanakan napak tilas dengan rute Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Napak tilas ini selama dua hari yang akan dimulai tanggal 18 Desember (hari ini). Kegiatan ini akan dipusatkan di Kabupaten Solok Selatan yang akan dibuka oleh Bupati Solok Selatan dan dilanjutkan dengan bhakti sosial.

"Napak tilas ini diikuti oleh satuan Menwa se-Sumatera. Mulai dari perwakilan satuan Menwa dari Provinsi Nagroe Aceh Darussalam, Provinsi
 Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Provinsi Sumsel, Provinsi Jambi, dan satuan Menwa Perguruan Tinggi yang ada se-Sumatera Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 65 Orang. Kegiatan ini akan diakhiri dengan upacara hari bela negara pada tanggal 19 Desember," papar Dasril. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Napak Tilas Rute PDRI

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/12/napak-tilas-rute-pdri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Napak Tilas Rute PDRI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Napak Tilas Rute PDRI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger