Warga Rawan Banjir Di Pekanbaru Enggan Pindah

Written By Unknown on Selasa, 25 Desember 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Selasa, 25 Desember 2012 12:36 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Warga yang bermukim di lokasi rawan banjir di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, enggan pindah meski air bah selalu mengancam pemukiman penduduk.

"Kami tidak mau pindah dan tetap bertahan karena untuk membeli rumah yang baru tentunya mahal," kata Suryadi (39) warga RT 04/11 Kelurahan Sri Meranti, Rumbai ditemui di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan bila pemerintah daerah bersedia merelokasi pemukiman penduduk karena setiap tahun terendam banjir akibat meluapnya Sungai Umbansari, anak Sungai Siak yang melintasi kawasan itu.

Namun warga yang enggan pindah itu mayoritas adalah berdomisili di Perumahan Mutiara Witayu, Kelurahan Sri Meranti, Rumbai, sekitar 350 kepala keluarga.

Pernyataan tersebut terkait Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan Perumahan Mutiara Witayu yang berada di jalan Nelayan Ujung, Kelurahan Sri Meranti, dianggap tidak layak huni karena setiap tahun terkena banjir.

Firdaus menambahkan Perumahan Witayu itu letaknya lebih rendah dari permukaan air Sungai Siak, maka kawasan itu hanya mengandalkan tanggul penahan banjir.

Demikian pula bila musim hujan kawasan yang berdekatan dengan Sungai Siak itu terendam air bah karena merembes dari tanggul dan sebagian dari limpahan saluran pembuang.

Sedangkan Perumahan Witayu itu mayoritas dihuni oleh para nelayan, buruh kasar serta pedagang kecil yang menggandalkan pendapatan dari kuli angkut pelabuhan, mencari ikan serta berjualan.

         Firdaus mengatakan pemukiman warga itu akan layak dihuni bila ditinggikan sekitar 2,1 meter sehingga melebihi permukaan air Sungai Siak.

         Walau begitu, pihaknya mengusulkan kepada DPRD Kota Pekanbaru agar kawasan Perumahan Witayu itu direlokasi karena anggaran yang dibutuhkan relatif besar.

         Warga lainnya, Rahmat (44) mengatakan, pihaknya berharap supaya Pemkot Pekanbaru mau menyediakan lahan yang baru sehingga tidak terkena bencana setiap tahun.

         "Bila kami disuruh pindah tentu tidak mau, karena untuk mencari lahan atau rumah yang baru harganya tidak terjangkau," kata bapak tiga anak asal Pariaman, Sumatera Barat itu. (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Rawan Banjir Di Pekanbaru Enggan Pindah

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/12/warga-rawan-banjir-di-pekanbaru-enggan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Rawan Banjir Di Pekanbaru Enggan Pindah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Rawan Banjir Di Pekanbaru Enggan Pindah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger