Penyerapan Beras 600 Ton Akan Jadi Target Bulog Dumai

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Senin, 21 Januari 2013 12:05 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI-Perum Bulog Sub Divisi Regional Dumai, Propinsi Riau, menargetkan penyerapan beras hasil panenan petani lokal sebanyak 600 ton untuk cadangan pemerintah pada 2013.

Kepala Bulog Subdivre Dumai Tommi Despalingga di Dumai, Sabtu, mengatakan pihaknya mendorong petani padi di sejumlah kabupaten dan kota di wilayah Bulog setempat agar meningkatkan produksi beras untuk ditampung.

"Pada tahun ini kita ditargetkan menyerap produksi beras lokal sebanyak 600 ton dengan harga beli berdasarkan penetapan pemerintah di kalangan petani kabupaten Rokan Hilir," katanya.

Dia mengatakan penyerapan beras lokal itu selain untuk meningkatkan perekonomian petani dengan membantu pemasaran, juga mengurangi ketergantungan impor beras.

Bulog Dumai pada 2012 hanya merealisasikan penampungan produksi beras lokal petani di Kabupaten Rokan Hilir sekitar 154 ton.

"Upaya mendorong produksi petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya hanya kami lakukan dengan memberikan pembinaan dan penyerapan saja, bukan dengan menyalurkan bantuan," katanya.

Pada 2012, katanya, melalui Pelabuhan Pelindo setempat, pihaknya telah menerima pemasukan beras impor dari India dan Vietnam sebanyak 18 ribu ton.

Impor beras tersebut, katanya, selanjutnya disimpan dalam gudang penyimpanan Bulog Dumai dan kemudian disalurkan ke beberapa pergudangan untuk memperkuat ketersediaan beras pemerintah di daerah masing-masing.

Saat ini, stok beras Bulog Dumai diperkuat dengan pemasukan beras nasional dari Surabaya, Jawa Timur dan Pare-Pare, Sulawesi Selatan, sebanyak 13 ribu ton yang dibongkar di Pelabuhan Dumai.

Ketersediaan beras tersebut mencukupi kebutuhan selama beberapa bulan ke depan.

Selain untuk pendistribusian program beras miskin (raskin) nasional, katanya, juga menjadi cadangan beras Pemerintah Kota Dumai.

Setiap bulannya khusus untuk wilayah penyaluran Kota Dumai dikeluarkan sebanyak 800 ton untuk program raskin dan beras cadangan pemerintah.

"Pada 2012 lalu kita juga tidak melakukan operasi pasar karena harga beras di pasaran masih dalam batas kewajaran," katanya. (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penyerapan Beras 600 Ton Akan Jadi Target Bulog Dumai

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/01/penyerapan-beras-600-ton-akan-jadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penyerapan Beras 600 Ton Akan Jadi Target Bulog Dumai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penyerapan Beras 600 Ton Akan Jadi Target Bulog Dumai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger