SMAN Plus Riau Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Fisika ke-8.

Written By Unknown on Sabtu, 09 Februari 2013 | 12.47

SMAN Plus Riau Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Fisika ke-8.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sorak-sorai terdengar riuh, usai panitia membacakan pemenang juara Olimpiade Fisika (OF) ke-8. SMAN Plus Riau, kembali memenangkan juara umum pada penyelenggaraan olimpiade antar pelajar, yang digelar satu tahun sekali ini. Sebelumnya, mereka telah berhasil membawa pulang piala juara umum, setelah tiga kali berturut-turut menang sebagai juara umum pada olimpiade yang sama.

Pelajar SMAN Plus Riau, Rizky Oulia, mengaku sangat senang dan bangga, sebab sekolahnya mendapat juara umum. Pria berkacamata ini berhasil menjumbangkan medali emas, pada bidang lomba Tes Tertulis (TT) Astronomi.

"Senang sekali, kami bisa dapat juara umum lagi tahun ini," terangny, saat ditemui, usai pengumuman pemenang, Jumat (8/2) sore.

Ia mengatakan, kemenangan mereka tak lepas dari jasa guru-guru dan seniro-senior yang telah membimbing dan memberi pengarahan kepada mereka. Setiap Sabtu sore, mereka rutin berlatih, dengan didampingi guru dan senior mereka.

Perasaan yang sama juga dirasakan, Ikhra Wahyu Pratama, teman satu sekolahnya. Pelajar kelas XI SMA Plus Riau ini juga turut menyumbangkan medali emas, pada bidang Tes Tertulis Geosains. Dia berharap, semoga pada tahun-tahun berikutnya, sekolahnya dapat menjadi juara umum.

"Semoga tahun-tahun berikutnya, kami bisa terus menang," ucapnya.

Sementara, itu, guru pembimbing SMAN Plus Riau, Drs Nel Wisman M.Pd, mengucap rasa syukur atas kemenangan murid-muridnya.
"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan prestasi yang diraih siswa-siwa kami pada hari ini," terangnya.

Dikatakannya, kunci kesuksesan mereka dalam setiap perlombaan, yaitu persiapan yang matang. Guru pengajar pelajaran Fisika ini, mengatakan, siswa SMAN Plus mempunyai wadah bernama Kelompok Olimpiade (Kode) Fisika.

Kelompok itu merupakan wadah bagi siswa-siswa yang mempunyai minat dan bakat Fisika. Setiap Sabtu, anggota Kode Fisika, berlatih dengan guru dan senior-seniornya." Setiap Sabtu siang, setelah makan siang mereka berlatih dengan guru dan seniornya," terangnya.

Dalam latihan tersebut, siswa diminta untuk membahas soal-soal olimpiade, mulai dari olimpiade tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Sedangkan, olimpiade di FKIP UR, sebenarnya, juga merupakan wadah untuk mengukur kemampuan siswa, sebelum mengikuti olimpiade tingkat nasional Juli mendatang.

"Target kami sebenarnya olimpiade nasional, bulan Juli mendatang. Event olimpiade di UR, merupakan tempat untuk menguji kemampuan kami sebelum mengikuti olimpiade nasional," terangnya.

Seperti sudah diberitakan Tribun pada edisi sebelumnya, OF ke 8 merupakan olimpiade yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UR. OF ke-8 digelar selama lima hari, 4-8 Februari 2013.

Pada tahun ini, jumlah OF sebanyak 1357 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Sama dengan olimpiade tahun lalu, pada OF tahun ini ada lima bidang yang diperlombakan. Yang pertama yaitu, Tes Kemampuan Tertulis (TT), ujian berbentuk tes kemampuan teori secara individu, yang terdiri menjadi tiga babak. Khusus untuk kategori SD dan SMP, terdapat tambahan tes eksperimen (praktikum percobaan).

Bidang lomba yang kedua, Kuis Sains Fisika (KSF) atau cerdas cermat beregu. Satu tim terdiri dari tiga orang. Untuk bidang lomba KSF, peserta tingkat SD/MI dibatasi menjadi 40 regu. Sedangkan tingkat SMP/Mts dan SMA/MA/ SMK, dibatasi 50 orang regu.

Bidang lomba ketiga, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), yang diikuti siswa tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dengan tema Pengaplikasian Konsep Fisika dalam sumber energi terbarukan. Jumlah peserta untuk tiap sekolah tidak dibatasi. Setiap tim atau kelompok terdiri dua orang.

Lomba keempat, lomba Fisika rangking I. Lomba yang diadaptasi dari acara TV ini, bisa diikuti peserta  umum. Siswi SD,SMP, SMA atau sederajat, dan juga mahasiswa dan guru, bisa mengikuti lomba Fisika Rangking Satu. Dan terakhir, lomba yang terakhir, yaitu lomba mading 3D. Lomba ini diperuntukan bagi siswa SMA/MA/SMK secara beregu. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

SMAN Plus Riau Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Fisika ke-8.

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/02/sman-plus-riau-kembali-raih-juara-umum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SMAN Plus Riau Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Fisika ke-8.

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SMAN Plus Riau Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Fisika ke-8.

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger