13 Titik Panas Terdeteksi di Riau

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Jumat, 8 Maret 2013 12:13 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Stasiun Pekanbaru menyebutkan Satelit NOAA 18 pada Kamis (7/3) sore mendeteksi kemunculan sebanyak 13 titik panas di daratan Provinsi Riau.

Analis BMKG Pekanbaru Sanya Gautami di Pekanbaru, Jumat (8/3), mengatakan, sebaran titik panas (hotspot) itu hampir merata di seluruh kabupaten di Riau.

"Terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir, yakni tiga titik. Kemudian di Kabupaten Bengkalis ada dua titik," katanya.

'Hotspot', kata dia, juga terdeteksi oleh Satelit NOAA berada di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir masing-masing dua titik.

Kemudian, lanjut kata Sanya, titik panas juga terdeteksi di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan dan Kota Dumai.

"Di empat wilayah ini hanya ada satu titik api, tapi dimungkinkan bertambah tergantung kondisi cuaca," katanya.

Sanya mengatakan kemunculan titik panas di hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau itu disulut oleh cuaca panas yang terjadi dalam satu pekan terakhir.

Sebelumnya, Analis BMKG Pekanbaru lainnya, Slamet Riyadi, mengatakan cuaca panas yang terjadi di Riau disebabkan matahari yang terus bergerak mendekati ekuator atau garis khatulistiwa.

Sementara dari hasil monitoring citra satelit awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis atmosfer, demikian analis, umumnya cuaca di wilayah Provinsi Riau untuk dua hari kedepan cerah hingga berawan.

Hujan dengan intensitas ringan menurutnnya, diperkirakan bakal terjadi pada malam atau dini hari di wilayah Riau bagian utara serta sebagian selatan.

Beberapa wilayah yang diprakirakan bakal dilanda hujan ringan  menurut analis lembaga pemantau cuaca itu, diantaranya Kabupaten Kampar, Pelaalwan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Pekanbaru.(ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

13 Titik Panas Terdeteksi di Riau

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/03/13-titik-panas-terdeteksi-di-riau.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

13 Titik Panas Terdeteksi di Riau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

13 Titik Panas Terdeteksi di Riau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger