Harga Premium Dibagi Dua, Kuota BBM Tetap Jebol

Written By Unknown on Selasa, 16 April 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Selasa, 16 April 2013 12:08 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menilai kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar 46,01 juta kiloliter tetap jebol, meski premium dibagi dua kategori.

Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan dengan adanya pembagian dua jenis harga premium, kuota BBM bisa jebol sampai 49 juta kiloliter. "Masih bisa lebih 49 juta kiloliter," ujar Ali Mundakir di Kementerian Dalam Negeri usai rapat koordinasi BBM bersubsidi, Selasa (16/4/2013).

Meski kuota BBM jebol, Ali menilai negara bisa melakukan penghematan anggaran belanja untuk BBM bersubsidi. Namun Ali belum bisa menghitung berapa penghematan yang dilakukan negara kalau harga Premium dibagi dua.

"Tapi kalau ada pengurangan subsidi itu walaupun jebol tetapi ada dana yang dihemat," ungkap Ali.

Ali juga kembali mengingatkan kalau harga BBM bersubsidi masih berada di harga Rp 4.500, konsumsi masyarakat akan terus tumbuh 7 sampai 8 persen. Angka peningkatan konsumsi BBM bersubsidi tak akan berkurang jika harga BBM tidak dinaikan.

"Kuotanya masih 46,01 juta kiloliter tetapi dengan adanya harga baru, konsumsi masyarakat akan berubah," jelas Ali.

Dalam melaksanakan program pembagian harga premium, rencananya pemerintah akan membangun dua SPBU dengan harga jual premium yang berbeda. Namun pemerintah akan membangun SPBU dengan harga premium Rp 4.500 lebih banyak.

"Ada yang dua ada yang satu harga untuk mobil pribadi (harga premium lebih mahal) satu lagi yang biasa. Lebih banyak yang jual Rp 4.500," jelas Ketua Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Joko Siswanto.

Sebelumnya diberitakan tribunnews.com, Pemerintah berencana membagi harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium menjadi dua kategori harga.

Untuk kendaraan bermotor dan angkutan umum masih diberikan BBM bersubsidi jenis premium dengan harga Rp 4.500, sedangkan untuk kendaraan pribadi harganya lebih mahal, namun hingga kini pemerintah belum memutuskan besaran harganya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Premium Dibagi Dua, Kuota BBM Tetap Jebol

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/04/harga-premium-dibagi-dua-kuota-bbm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Premium Dibagi Dua, Kuota BBM Tetap Jebol

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Premium Dibagi Dua, Kuota BBM Tetap Jebol

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger