Toyota Tunjuk Pabrik Karawang sebagai Basis Produksi Yaris

Written By Unknown on Rabu, 08 Mei 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Rabu, 8 Mei 2013 12:15 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA – Toyota Motor Coporation (TMC) akhirnya memutuskan Indonesia menjadi basis produksi. Dua sumber internal Toyota Indonesia yang mengetahui rencana ini mengatakan, keputusan ini akan segera diumumkan prinsipal dua bulan lagi.

"Juni nanti diumumkan perakitan Yaris di Indonesia," ujar salah satu sumber kepada KompasOtomotif, belum lama ini. Untuk merakit hatchback ini,  akan memanfaatkan pabrik kedua  PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Saat ini, pabrik berkapasitas 140.000 unit setahun ini baru merakit Etios Valco dengan target 70.000-80.000 unit sampai akhir 2013.

Sumber kedua Toyota Indonesia menjelaskan, keputusan prinsipal mengalihkan basis produksi Yaris ke Indonesia karena Toyota Thailand akan memproduksi produk "Eco Car" sesuai program yang digulirkan pemerintah di Negeri Gajah Putih tersebut.

Untuk menghindari ketergantungan pada satu negara (Thailand), tanggung jawab Yaris kemudian dialihkan ke Karawang. Sama seperti ketika prinsipal (TMC) mengalihkan produksi Fortuner  ke Indonesia mulai tahun lalu. "Perakitan Yaris dimulai pada akhir tahun ini atau awal tahun depan," lanjut sumber itu.

Pengalaman akibat banjir di Thailand pada akhir 2011, menyadarkan Toyota untuk tidak bergantung pada satu basis produksi saja. Keputusan merakit  Yaris juga berkaitan dengan semakin besarnya komitmenToyota Motor Corporation terhadap Indonesia dengan investasi besar akhir tahun lalu.

Akio Toyoda, Presiden Direktur dan CEO TMC akhir 2012 lalumengumumkan, kelompok Toyota siap menambah nilai investasi sampai Rp 26 triliun di Indonesia, bertahap sampai 2020. Tahap awal, Rp 13 triliun sudah dikucurkan untuk periode 5 tahun ke depan melalui enam perusahaan, yakni Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body Co Ltd (TAB) , Toyota Tsusho Corporation (TT) , Aisin Seiki Co Ltd (AS), Denso Corp dan Daihatsu Motor Co Ltd (DMC).

Toyota juga sudah menyiapkan 150 hektar lahan untuk menunjang rencana jangka panjang ini di Karawang, Jawa Barat. Properti ini disiapkan untuk membangun pabrik mesin baru dan pabrik ketiga Toyota di Indonesia, jika penjualan mobil terus terus tumbuh. (Kompas.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Toyota Tunjuk Pabrik Karawang sebagai Basis Produksi Yaris

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/05/toyota-tunjuk-pabrik-karawang-sebagai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toyota Tunjuk Pabrik Karawang sebagai Basis Produksi Yaris

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toyota Tunjuk Pabrik Karawang sebagai Basis Produksi Yaris

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger