Waduh...Pilgubri Pakai Rp 270 Miliar Uang Rakyat

Written By Unknown on Kamis, 20 Juni 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Kamis, 20 Juni 2013 11:42 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Demokrasi memang teramat mahal biayanya dan pemimpin yang dihasilkan melalui proses demokrasi langsung itu malah banyak yang berujung jadi penghuni hotel prodeo. 

Bahkan tidak jarang calon yang kalah terganggu jiwanya akibat terlilit hutang untuk membiayai keikutsertaan mereka, sementara calon yang menang harus memikirkan bagaimana mengembalikan uang yang sudah dihabiskan plus hutang balas budi kepada pihak lain yang mendanai dan berjasa hingga dirinya terpilih.

Disisi lain partisipasi rakyat dalam mengikuti Pilkada langsung makin merosot. Di Pilkada provinsi Sumatera Utara warga yang tidak menyalurkan hak pilih malah tidak sampai separoh. Begitu juga di daerah lain hampir bisa dipastikan golput selalu yang jadi pemenang.

Nah untuk Pilgub Riau yang digelar September 2013, setidaknya Pemprov harus menggelontorkan dana yang teramat besar mencapai Rp270 miliar. Dana bersumber dari APBD itu bila digunakan untuk membangun fasilitas seperti Puskesmas, sekolah dan program pengentasan kemiskinan tentu manfaatnya  sangat besar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Tengku Edy Sabli di Pekanbaru, Kamis, mengatakan sebelumnya dianggarkan sebesar Rp74 miliar namun masih belum cukup untuk menutupi kebutuhan pilkada.

"Nilai Rp74 miliar sudah cair dananya dan itu termasuk pencairan dana tahap awal bahkan dana tersebut hanya cukup digunakan sampai Agustus 2013," kata Edy Sabli.

Untuk anggaran dalam Pilgub, lanjut Edy Sabli, sudah diatur dan tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 57 tahun 2009.

"Anggaran yang dibutuhkan KPU Riau untuk Pilgub ini awalnya Rp282 miliar namun yang disetujui memakai APBD murni hanya Rp270 Miliar," katanya.

Pada Pilkada Riau 2013, KPU mencatat tujuh bakal pasangan calon antara lain Herman Abdullah-Agus Widayat diusung sejumlah partai nonkursi di parlemen, Anas Ma'amun-Arsyadjuliandi (Partai Golkar), Indra Mukhlis Adnan-Aziz (PPP) serta sejumlah partai nonkursi.

Achmad-Masrul (koalisi Partai Demokrat dan Partai Bintang Reformasi, Jon Erizal-Mambang Mit (PAN dan PKS), Lukman Edi-Suryadi Khusaini (PKB dan PDIP) serta Tengku Mukhtaruddin-Syamsurizal gabungan partai nonkursi. (ant)


Anda sedang membaca artikel tentang

Waduh...Pilgubri Pakai Rp 270 Miliar Uang Rakyat

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/06/waduhpilgubri-pakai-rp-270-miliar-uang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waduh...Pilgubri Pakai Rp 270 Miliar Uang Rakyat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waduh...Pilgubri Pakai Rp 270 Miliar Uang Rakyat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger