Disdukcapil Pekanbaru akan Lakukan Razia Pendatang Baru

Written By Unknown on Senin, 19 Agustus 2013 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU  - Pekanbaru sebagai daerah ibukota provinsi Riau, mengalami perkembangan yang pesat dan sekaligus menjadi pusat perdagangan dan jasa. Atas kondisi itu, Pekanbaru didatangi oleh masyarakat dari berbagai penjuru. Baik dari daerah di Sumatera maupun Jawa, bahkan dari daerah di bagian timur Indonesia.

Atas kondisi itu pula, setiap tahun pendatang baru ke Pekanbaru tercatat mencapai ribuan. Di tahun 2012 saja mencapai tiga ribuan orang, dan pada tahun 2013 ini diperkirakan juga akan berjumlah sama.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, Zulfikar Boechari kepada Tribun, pendatang baru biasanya ke Pekanbaru terbanyak usai liburan Idul Fitri. Penduduk pendatang ini banyal berasal dari Sumatera Barat, Medan, Jawa, dan juga ada dari daerah lain.

"Pekanbaru memang ibarat gula yang selalu dikerubuni semut setiap tahun. Semutnya itu ya mereka yang ingin mencari hidup di Pekanbaru, baik untuk bekerja maupun berdagang. Untuk itu, kami meminta penduduk pendatang untuk melapor ke Ketua RT dimana tinggal, sehingga bisa didata," ungkap Zulfikar.

Untuk penduduk pendatang yang ingin tinggal di Pekanbaru lebih dari satu tahun, ulas Zulfikar, hendaknya menyertai diri dengan surat pindah dari daerah asal, sehingga bisa dicatat sebagai warga Pekanbaru.

"Jika belum memiliki KTP atau e-KTP, maka surat pindah tersebut sudah bisa langsung untuk mengurus KTP dan setelah KTP selesai bisa langsung merekamkan datanya untuk e-KTP. Jadi, tidak perlu lagi mengurus KIP dan KKP," jelas Zulfikar.

Kepada Ketua RT dan RW, kata Zulfikar, juga diharapkan untuk melaporkan penduduk pendatang kepada Lurah, sehingga Lurah bisa melaporkannya ke Camat dan Camat menyampaikan ke disdukcapil.

"Ini untuk kepatuhan administrasi penduduk, sehingga diketahui secara ril penduduk Pekanbaru ini. Kalau sekarang, kami mangakui banyak penduduk pendatang yang sudah bertahun-tahun tinggal di Pekanbaru masih menggunakan KTP daerah asalnya. Untuk itu, kami akan lakukan razia. Sejalan dengan itu juga dilakukan pendataan oleh Ketua RT dan ini sudah kami rapatkan dengan Camat," papar Zulfikar.

Selain itu, tambah Zulfikar, kepada pengusaha yang ada di Pekanbaru, dalam menerima karyawan diharapkan mengutamakan warga tempatan, sehingga membantu disdukcapil dalam tertib administrasi kependudukan.

"Sudah ada ketentuan bagi pengusaha untuk menerima karyawan dengan mengutamakan warga tempatan. Maka, kami harap itu dipatuhi, sehingga penduduk pendatang yang ingin bekerja di Pekanbaru mengurus surat pindah dari daerah asalnya," terang Zulfikar. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Disdukcapil Pekanbaru akan Lakukan Razia Pendatang Baru

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/08/disdukcapil-pekanbaru-akan-lakukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disdukcapil Pekanbaru akan Lakukan Razia Pendatang Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disdukcapil Pekanbaru akan Lakukan Razia Pendatang Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger