Ketua KPU Siak Tak Tahu Jumlah Kotak Suara yang Dikembalikan

Written By Unknown on Sabtu, 14 September 2013 | 12.47

Laporan: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Ketua KPU Kabupaten Siak, Agus Salim mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah kotak suara yang telah diserahkan oleh seluruh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kepada KPU Kabupaten Siak.

" Jumlah kotak tergantung pada banyaknya masing-masing Kecamatan. Untuk tahu berapa kotak surat suara yang telah diserahakan PPK Kepada kami (red, KPU Kabupaten), harus kita hitung dulu di ruangan penyimpanan Kotak," Ujar Agus Salim kepada tribun yang ditemui di Kantor KPU Kabupaten Siak. Agus Salim saat itu juga didampingi oleh Sariman, yang juga anggota KPU Siak, Rabu (12/9)

Ditambahkan oleh seorang anggota KPU Siak, Sariman, Kepada tribun menjelaskan, semua PPK hari ini telah menyerahkan semua bundel berita acara, rekapitulasi hasil penghitungan suara sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Rekapitulasi suara tingkat PPK dilakukan tanggal 11- 12 September kemarin, dan semua telah menyerahkan semunya. Selain kotak suara dan surat suara yang telah di coblos, semua PPK juga telah mengembalikan seluruh logistik kepada KPU, Seperti Surat suara berlebih, bilik suara dan lain-lain.

Ditanya berapa jumlah kotak suara secara seluruhnya, pria ini hanya mengaku tidak mengetahui secara pasti karena bukan tupoksinya. Dijelakannya, Bila melihat dari jumlah TPS, yakni 713 TPS dan 129 PPS.

" Yang lebih tahu jumlah kotak suara itu Ini bagian logistik, saya tidak tahu pasti jumlahnya," Ungkap Sariman.

Ditanyakembali mengenai berapa hasil rekapitulasi suara dari tiap-tiap Kecamatan, Sariman juga mengaku tidak tahu. Ia mengatakan semua hasil rekapitulasi tidak diserahkan kepada mereka melainkan dimasukan kedalam kotak suara yang bergembok tersebut.

" Sampai saat ini kami belum mengetahui berapa hasil rekapitulasi surat suara untuk masing-masing calon karena PPK belum menyerahkan kepada kami, karena mereka memasukkan hasil rekapitulasinya dan berita acaranya dalam kotak tersebut," Jelasnya.

Untuk mengetahui hasil rekapitulasi surat suara, sambung Sariman, baru bisa dilakukan esok hari, yakni rekaputulasi suara manual tingkat kabupaten. Dimana-masing-masing PPK akan mebacakan hasil rekapitulasi surat suara mereka.

Pernyataan ketua KPU Siak dan Sariman justru bertolak belakang dari keterangan yang tribun peroleh dari salah seorang ketua PPK. Ia mengaku telah menyerahkan hasil rekapitulasi itu kepada ketua KPU termasuk berita acaranya.

Sementara itu, dari pantauan tribun di kantor KPU Kabupaten Siak, Kotak suara tersimpan di dua tempat yang berbeda. Beberapa kotak ada yang tersimpan diruang belakang (terbu), sebahagian lainnya tersimpan diruangan yang bergembok dan tertutup rapat.

Salah seorang petugas Kepolisian yang mengawal kotak suara itu mengaku malukan pengawalan langsung selama 24 jam terhadap kotak sura itu.

" Wilkayah tempat penyimpanan kotak suara kita sterilkanm Untuk penjagaan ada 14 petugas Polisi yang bergilir untuk melakukan penjagaan," Jelas seorang petugas Kepolisian yang tengah bertugas di Kantor KPU Kabupaten Siak tersebut.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketua KPU Siak Tak Tahu Jumlah Kotak Suara yang Dikembalikan

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/09/ketua-kpu-siak-tak-tahu-jumlah-kotak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketua KPU Siak Tak Tahu Jumlah Kotak Suara yang Dikembalikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketua KPU Siak Tak Tahu Jumlah Kotak Suara yang Dikembalikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger