Mahasiswa UIR Berhasil Ciptakan Lampu yang Dikendalikan Suara

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU  - Pernah membayangkan lampu menyala dan padam menggunakan suara? Keinginan tersebut bukan lagi sebatas khayalan. Meskipun baru sebatas simulasi, Afdal, mahasiswa Universitas Islam Riau, membuktikan jika lampu bisa dikendalikan dengan ucapan. Melalui simulasi sistem kendali lampu kamar dengan pengenalan ucapan, tuan rumah bisa menyalakan lampu dengan ucapan hidup, mati untuk memadamkan.

Menurut Sekretaris Jurusan Teknik Informatika UIR, Apri Siswanto, pembimbing Afdal, simulasi ini memanfaatkan teknologi Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Sistem cerdas ini mengupayakan bagaimana suatu mesin bisa mengenali atau mengidentifikasi manusia. Struktur jaringan syaraf manusia dipolakan ke sistem.

Dikerjakan sekitar 1,5 tahun, mahasiswa angkatan 2008 itu, perlu berulang kali ujicoba untuk mencocokan suara. Berkali kali sampel suara diambil dan digabungkan dengan sistem. Memafaatkan aplikasi mat lab, suara yang dipilih terus dilatih sehingga diperoleh kecocokan diatas 50 persen. Mat Lab adalah aplikasi yang sering digunakan untuk matematika dan simulasi.

"Bila akurasi suara sudah diatas 60 persen, perintah sudah bisa dijalankan. Cukup bilang hidup atau mati, lampu bisa menyala dan padam," ujarnya.

Melalui simulasi, lanjut Apri, laptop yang digunakan sudah dilengkapi dengan aplikasi mat lab. Suara disalurkan menggunakan mikrofon. Suara yang diterima inilah yang selanjutnya akan direspon. "Yang lama itu melatih sampil suara dan selanjutnya dilatih aplikasinya," ujarnya.

Meskipun baru sebatas simulasi, apa yang diciptakan oleh mahasiswanya ini, menurut Apri sudah langkah besar. Penelitian awal ini masih bisa terus dilanjutkan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

Diakuinya, alasan kenapa mahasiswa bermain ditataran simulasi karena untuk diaplikasikan dalam bentuk hardware membutuhkan dana dan waktu yang panjang.

Saat ini, tambah Apri, simulasi yang dilakukan masih untuk lampu kamar yang terdiri dari satu lampu. Kesulitan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah menguji sampel suara yang digunakan. Setiap suara berulang kali diuji sehingga ditemukan akurasi yang paling dekat dengan hasil yang diinginkan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa UIR Berhasil Ciptakan Lampu yang Dikendalikan Suara

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/09/mahasiswa-uir-berhasil-ciptakan-lampu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa UIR Berhasil Ciptakan Lampu yang Dikendalikan Suara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa UIR Berhasil Ciptakan Lampu yang Dikendalikan Suara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger