Khawatir Trayek Sama dengan Bus TMP

Written By Unknown on Sabtu, 01 Februari 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARUCOM, PEKANBARU- PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP), sudah memastikan menambah 25 unit armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) ukuran sedang tahun 2014 ini. Jumlah bus TMP ukuran sedang yang lama 50 unit. Dengan demikian, jumlah bus yang akan dikelola PT SPP nantinya menjadi 75 unit, plus 20 unit bus TMP besar, hibah Pemko Pekanbaru.

Bertambahnya bus TMP ini nanti, sudah dipastikan akan berdampak pada kepadatan lalulintas di Pekanbaru. Bukan itu saja, sisi lainnya, kekhawatiran justru datang dari pengusaha angkutan kota (angkot), dengan kehadiran bus TMP yang semakin banyak.

Untuk itu, DPRD Kota Pekanbaru menyarankan agar Pemko Pekanbaru segera mencari jalan keluar, sebagai solusi bagi supir angkot tersebut. Terutama mengenai trayek yang sama dengan yang dilalui bus TMP.

"Memang keberadaan Bus TMP ini dibutuhkan masyarakat, namun hak masyarakat kita yang berprofesi sebagai sopir angkut, tentu perlu dihormati juga. Maka kita minta kehadiran TMP ini tidak sampai mengenyampingkan pengusaha angkot jenis oplet," kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono, Jumat (31/1).

Seperti aksi para supir jurusan Pasar Pusat-Kulim yang sempat menggelar aksi ke Dishubkominfo beberapa waktu lalu, karena trayeknya sama dengan bus TMP. Karenanya, dia menawarkan solusi yang bisa dilakukan Pemko saat ini, dengan mengatur jalur Bus TMP, dengan tidak mengambil jalur angkot. Karena jelas Bus TMP tidak diperbolehkan masuk ke badan jalan kecil, maka oplet bisa juga diarahkan untuk angkutan jalan dalam kota yang tidak dilalui Bus TMP.

Sebenarnya, tambah politisi Demokrat ini, permasalahan terletak di pengaturan saja. Sehingga tidak akan menjadikan permasalahan serius bagi supir angkot. "Atau bisa saja dengan merekrut sebagian supir angkot ini sebagai pramudi Bus TMP. Sehingga, para supir tetap bisa menafkahi keluarganya," pinta Sigit.

Ditambahkannya, penambahan 25 unit Bus TMP yang dikelola PT SPP, di satu sisi program ini cukup memihak kepada masyarakat.
Sebab, kondisi jalanan di dalam Kota Pekanbaru saat ini sudah macet. Maka keberadaan bus ini nantinya diharapkan dapat menekan angka pengguna kendaraan pribadi dengan gencar melakukan sosialisasi hematnya menggunakan bus TMP.

"Ini program yang bagus namun seperti yang saya bilang tadi, hanya perlu pengaturan saja. Istilahnya jangan sampailah teman-teman yang profesinya sebagai supir oplet kehilangan mata pencaharian," harapnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Khawatir Trayek Sama dengan Bus TMP

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/02/khawatir-trayek-sama-dengan-bus-tmp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Khawatir Trayek Sama dengan Bus TMP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Khawatir Trayek Sama dengan Bus TMP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger