Kabut Asap Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Sumbar

Written By Unknown on Sabtu, 15 Maret 2014 | 12.48

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Kabut asap dari Pekanbaru, Provinsi Riau yang menyelimuti wilayah Sumatera Barat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata ke provinsi itu.

"Kabut asap sejak tiga pekan dari Pekanbaru mulai mempengaruhi kunjungan wisatawan," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Sabtu (15/3/2014).

Ia menjelaskan, dampak langsung pengaruh akibat kabut asap kepada kunjungan wisata tersebut terlihat dari tidak adanya penerbangan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping, Kabupaten Padangpariaman. "Sekarang ini aktivitas penerbangan di BIM berkurang akibat kabut asap secara otomatis wisatawan yang datang berkunjung ke Sumbar juga berpengaruh," ungkapnya.

Akibat kabut asap berasal dari Pekanbaru tersebut, lanjut Irwan Prayitno terdapat sepuluh kota/kabupaten di Sumbar terkena imbasnya. "Dari 19 kota/kabupaten di Sumbar, 10 Kota/kabuten terkena dampak akibat kabut asap tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan, disamping berkurangnya kunjungan wisatawan datang akibat kabut asap, juga tercatat sekitar 3.000 warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). "Ribuan warga yang terkena ISPA itu berada di Kabupaten Pasaman Barat, namun di kabupaten/kota di Sumbar lainnya belum mendapatkan informasi," katanya.

Ia menjelaskan, disamping itu ada wali kota/bupati di Sumbar yang meliburkan anak-anak sekolah agar tidak terganggu oleh dampak dari kabut asap yang dapat menyebabkan sakit ISPA dan lain-lain. "Anak sekolah yang diliburkan yakni pelajar duduk dibangku mulai kelas I hingga kelas IV SD, Taman Kanak-Kanak, serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),"ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar Burhasman Bur. Ia mengakui secara tak langsung akibat kabut asap tersebut berdampak terhadap jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Sumbar.

"Dampak kabut asap dari Pekanbaru tersebut sangat berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata belum mendapat data secara pasti beberapa kabupaten/kota di Sumbar berkurang kunjungan wisatawan. "Kami masih melakukan pendataan kunjungan wisatawan berkurang datang ke Sumbar terkait kabut asap berasal dari Kota Pekanbaru," katanya. (antarasumbar.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kabut Asap Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Sumbar

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/03/kabut-asap-pengaruhi-kunjungan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kabut Asap Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Sumbar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kabut Asap Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Sumbar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger