Warga Kampung Tuo Kelola Danau Bunga Tujuh Dumai

Written By Unknown on Jumat, 14 Maret 2014 | 12.47

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com: Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI  - Warga Kampung Tuo, RT 15, Kelurahan Bukit Batrem, Bukit Kapur, Dumai akhirnya mendapat kesempatan mengelola Danau Wisata Bunga Tujuh. Kesempatan itu diberikan selama tahun 2014 oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Dumai.

Ketua RT 15 Kelurahan Bukit Batrem,   Hamdani mengaku senang karena keinginan warga untuk pengelola danau tersebut bisa tercapai. Pasalnya, warga Kampung Tuo merupakan warga tempatan yang bermukim di sekitar kawasan objek wisata andalan Kota Pengantin Berseri itu. Namun, selama dibukanya menjadi objek wisata andalan Kota Dumai, pemerintah menyerahkan pengelolaannya kepada investor.

"Kami kan warga di sekitar danau, maka warga sudah lama menginginkan. Alhamdulillah, sekarang kami diberikan kesempatan. Mudah-mudahan kamipun bisa mengelola Danau Bunga Tujuh dengan lebih baik," kata Hamdani, kemarin.

Diceritakannya, kondisi Danau Bunga Tujuh belum terkelola secara baik. Kendala yang biasa terjadi adalah air danau mengering bila musim kemarau seperti saat ini. Sedangkan kebersihan akan menjadi tanggungjawab warga RT 15, yang dikoornidir langsung oleh Hamdani.

Sejak lima tahun belakangan, objek wisata Danau Bunga Tujuh itu tidak banyak diminati wisatawan lokal. Di akhir pekan, hanya beberapa orang saja pengunjungnya. Dalam setahun, pengelola hanya mendapatkan keuntungan di tiga hari besar, yakni hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan perayaan tahun baru. Selain di tiga momen tersebut, kawasan seluas ratusan hektar itu sepi pengunjung.

Maklum saja, fasilitas yang sudah dibangun mulai melapuk. Sebutnya gazebo-gazebonya, arena permainan air dan lainnya. Yang terparah adalah adalah bangunan restoran terapung yang hampir rubuh. Hingga kini pemandangan itu masih menjadi nilai minus bagi perkembangan objek wisata kebanggaan masyarakat Dumai itu.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Kampung Tuo Kelola Danau Bunga Tujuh Dumai

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/03/warga-kampung-tuo-kelola-danau-bunga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Kampung Tuo Kelola Danau Bunga Tujuh Dumai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Kampung Tuo Kelola Danau Bunga Tujuh Dumai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger