Enam Titik Panas Muncul Saat Riau Hujan

Written By Unknown on Jumat, 08 Agustus 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Satelit Modis Terra dan Aqua pada Kamis sore merekam kemunculan enam titik panas (hotspot) di daratan Provinsi Riau ketika daerah ini dilanda hujan secara merata.
          
Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan itu merupakan hasil rekaman satelit pada pukul 17.00 WIB.
          
Sehari sebelumnya di daratan Provinsi Riau sempat nihil titik panas.
          
Sementara saat ini, enam "hotspot" yang baru bermunculan itu masing-masing terdeteksi berada di Kabupaten Rokan Hilir ada tiga titik, dan Bengkalis, Kampar serta Kepulauan Meranti masing-masing satu titik panas.
          
Titik panas (hotspot) merupakan hasil rekaman satelit dari suhu udara di atas 40 derajat celsius yang patut diduga sebagai peristiwa kebakaran hutan dan lahan.
          
Sepanjang 2014, di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau telah terjadi peristiwa tersebut, mengakibatkan sedikitnya 25 ribu hektare hutan dan lahan hangus dan menghasilkan asap yang mencemari ruang udara di sebagian wilayah.
          
Sebelumnya pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang berpeluang melanda sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan.
          
Analis lembaga pengamat cuaca itu, Bibin Suliyanto kepada Antara di Pekanbaru menjelaskan, potensi hujan disertai angin kencang berada di sebagian besar wilayah kabupaten/kota, terkecuali di daerah Tembilahan yang hanya memiliki peluang hujan sangat kecil.
           
Selebihnya meliputi Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Meranti, Pelalawan, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan lainnya berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang-tinggi bahkan disertai angin kencang.
          
"Untuk potensi adanya angin puting beliung masih belum terdeteksi. Bentuknya hanya angin kencang mengingat pertumbuhan awan yang cukup pesat di Riau," kata dia. (antara)


Anda sedang membaca artikel tentang

Enam Titik Panas Muncul Saat Riau Hujan

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/08/enam-titik-panas-muncul-saat-riau-hujan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Enam Titik Panas Muncul Saat Riau Hujan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Enam Titik Panas Muncul Saat Riau Hujan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger