Pemerintah Bisa Baca Berita Kami

Written By Unknown on Minggu, 12 Oktober 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Meski baru pertama kali mengikuti pelatihan penulisan berita tingkat dasar, Eliya sama sekali tidak grogi. Ia tampak antusias merangkai kalimat di secarik kertas untuk kemudian di evaluasi oleh tim Tribun Pekanbaru.

Semangat Eliya terpicu setelah mendapatkan pemaparan penulisan berita saat mengikuti Pelatihan Jurnalistik Warga yang digelar Tribun Pekanbaru di aula kantor Kelurahan Lembah Damai, Pekanbaru, Jumat (10/10/2014).

Eliya bahkan mengaku sudah tidak sabar ingin segera mengirimkan berita ke Tribun. Selain Eliya, puluhan ibu-ibu yang mengikuti pelatihan juga tampak bersemangat. Tidak puas hanya mendengar, mereka juga gigih bertanya ketika belum memahami materi pelatihan.

Satu sama lain bahkan juga saling mengingatkan tatkala ada kesalahan dalam menyampaikan pertanyaan. Waktu dua jam selama palatihan pun terasa begitu singkat, meski seluruh materi sudah disampaikan. Wajah-wajah kurang puas memang masih tampak dari peserta yang berharap ada pelatihan lanjutan yang diberikan Tribun.

"Maunya ada pelatihan lanjutan. Kalau waktunya lama, kan pahamnya juga bisa lebih banyak," ungkap Sri, peserta pelatihan lainnya.

Bagi Sri, pelatihan yang diikuti kemarin merupakan pengalaman pertama. Terutama mengenal lebih detail tugas seorang jurnalis. Sri juga sangat tertarik ketika menuliskan berita. "Ya, dari tidak tahu menjadi lebih banyak pengetahuan. Sekarang juga sudah bisa mengirimkan berita, " tukasnya.

Senada, Eliya juga menujukkan respon positifnya. Menurutnya, pelatihan jurnalistik sudah lama diharapkan. Mengingat banyak peristiwa di Kelurahan Lembah Damai yang bisa disampaikan ke masyarakat lain. Kemarin ada peristiwa keracunan. Kalau saja, pelatihan ini sudah dilakukan, tentu saya sudah bisa menginformasikan ke Tribun, " ujarnya sumringah.

Pernyataan Eliya tersebut diamini Ketua RW 001, Sumardi. Menurutnya, dengan menyampaikan informasi yang ada di lingkungan tempat tinggal, setidaknya nanti masyarakat lain juga tahu. Dan terpenting lagi menurut Sumardi, pemerintah daerah juga membaca. "Kalau kita tidak tulis dan dikirimkan ke media, tentu tidak banyak yang tahu. Tapi, kalau sudah diterbitkan lewat koran, semuanya jadi tahu, " terangnya.

Selain memberikan pelatihan jurnalistik kepada warga, Tribun Pekanbaru juga mengapresiasi peserta dengan memberikan sertifikat sebagai bentuk keikutsertaan. Kegiatan dengan target penyelenggaraan di 54 kelurahan di Pekanbaru ini turut didukung oleh PT Energi Mega Persada, perusahaan minyak dan gas nasional.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Tribun Pekanbaru sebagai media yang dimiliki masyarakat. Tribun Pekanbaru hadir sebagai jembatan informasi bagi masyarakat. Dengandemikian, masyarakat juga berperan aktif dalam setiap peristiwa serta melakukan kontrol terhadap lingkungan dan pemerintahan.

Tidak sulit bagi warga untuk melaporkan peristiwa yang dilihatnya. Cukup dengan mengetik SMS JW spasi peristiwa yang dilaporkan kemudian dikirimkan ke nomor 0811766616. Atau dengan mengirimkan email ke jwtribun@yahoo.co.id. (brt)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Bisa Baca Berita Kami

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/10/pemerintah-bisa-baca-berita-kami.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Bisa Baca Berita Kami

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Bisa Baca Berita Kami

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger