Kawasan Perbatasan di Dumai Rawan Aksi Kriminal

Written By Unknown on Sabtu, 01 November 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kawasan Dumai berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga. Sebut saja Malaysia dan Singapura. Sehingga menimbulkan kerawanan tersendiri.

Hal itulah jadi satu bahasan dalam diskusi panel wawasan nusantara mengambil tema pengelolaan kawasan perbatasan Kota Dumai, pada Kamis (30/10) di Hotel Comfort. Kegiatan yang digelar GM FKPPI Kota Dumai bersama Yayasan Bertuah Insan Negeri membahas banyak hal seputar kerawanan perbatasan Indonesia dengan negara lain.

Kawasan perbatasan punya kerawanan seperti pelanggaran hukum atau kriminalitas yang mendominasi. Misal pencurian ikan di wilayah Indonesia, penyelundupan BBM, Narkotika hingga perdagangan manusia.

"Maka TNI AL terus berupaya mengawal semua kerawanan itu. Bahkan kita berupaya mengantisipasinya," jelas Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (P) Sunar Solehudin, lewat penyampaiannya.

Menurut Sunar, TNI AL berperan dalam mengamankan wilayah perairan perbatasan RI dengan kawasan regional dan internasional. Kerawanan dan ancaman di wilayah perbatasan juga terdapat pada batas imajiner.

Kemudian juga disebabkan jalur padat pelayaran internasional. "Faktor kemiskinan, ketertinggalan, aksesibilitas,sarana dan prasarana juga berpengaruh," terang Sunar.

Tapi peran warga negara juga ikut andil dalam upaya mengawal perbatasan. Kepala Staf Kodim 0320/Dumai, Mayor (Arh) Sudiyono menyebut bahwa sikap bela negara mesti dijiwai. Apalagi ditambah dengan kecintaan kepada NKRI.
"Hal itu perlu ditanamkan sejak dini. Namun secara total harus dilakukan guna menegaskan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," tegas Sudiyono.

Terpisah, Wakil Walikota Dumai, Agus Widayat yang turut membuka kegiatan menyampaikan bahwa sikap kebersaman dan gotong-royong mesti dibangkitkan lagi. Hal itu membuat semua elaman bersatu dan berupaya semakin maju. Baik di bidang intelektual maupun di bidang ekonomi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Idul Kurniawan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen bahwasannya NKRI merupakan harga mati. Kegiatan ini sengaja ditaja agar masyarakat makin paham bahwa Dumai berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampun menggugah para generasi muda agar peduli dengan Dumai. Kemudian berupaya mengawal kawasan NKRI. (fer)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kawasan Perbatasan di Dumai Rawan Aksi Kriminal

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/11/kawasan-perbatasan-di-dumai-rawan-aksi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kawasan Perbatasan di Dumai Rawan Aksi Kriminal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kawasan Perbatasan di Dumai Rawan Aksi Kriminal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger