Ikan Paus Mati Terdampar, Giginya Habis Dijarah Pencuri

Written By Unknown on Rabu, 10 Desember 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, AUSTRALIA - Beberapa ekor ikan paus yang mati karena terdampar di pantai di Australia Selatan sekarang menjadi sasaran para penjarah. Beberapa gigi ikan tersebut sudah diambil oleh pencuri.

Organisasi Penyelamatan Satwa Liar Laut mengatakan gigi paus ini sudah hilang dari beberapa ikan, kemungkinan dipotong di malam hari.

Beberapa paus ini terdampar di Pantai Ardrossan di Semenanjung Yorke, sekitar 148 km dari Adelaide awal minggu ini.

Menurut seorang ptugas Aarcon Machado kepada Radio 891 ABC Adelaide, para penjarah ini sengaja memotong gigi dari dua ikan paus betina.

Seekor paus yang terdampar di Yorke Peninsula beberapa hari lalu.(Kiriman: Steve Ruddock)

"Ada enam gigi yang hilang, lima dari seekor, dan satu dari yang lainnya," katanya.

"Sayangnya giginya dipotong dengan gergaji mesin, sehingga terjadi banyak kerusakan. Padahal kami sudah berusaha menghalangi orang untuk tidak mendekati bangkai paus ini," tambah Machado.

Ia mengatakan ketika salah seorang petugas melakukan ronda di malam hari, terlihat beberapa orang yang bergegas meninggalkan daerah tersebut.

Machano mengatakan bahwa gigi yang diambil dari paus ini tidaklah berharga, kecuali gigi dari paus jenis lain yang beratnya bisa mencapai 1 kg.

Di Australia, ada hukum yang melarang binatang yang mati ini diambil bagiannya tanpa ijin.

Sementara itu, Walikota Dewan Kota Semenanjung Yorke, Ray Agnew, mengatakan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memindahkan bangkai paus ini menimbulkan dilema bagi mereka, karena pemerintah negara bagian mengatakan tidak akan memberikan bantuan dana apapun.

Dia mengatakan pemerintahan setempat tidak memiliki peralatan untuk bisa memindahkan paus tersebut, yang tiap ekor beratnya bisa mencapai beberapa ton.

"Mereka terdampar di lumpur yang rata dan laut masih jauh. Jadi secara logistik sulit sekali untuk mendorong mereka ke laut, ataupun memindahkan ke tempat lain," ujar Agnew.

Deb Kelly dari Departemen Lingkungan Australia Selatan mengatakan bahwa biaya untuk memindakan bangkai ini mahal sekali. Sebelumnya dewan kota di Scarborough di Australia Barat pernah memindahkan bangkai paus serupa dan biayanya mencapai $ 170 ribu (sekitar Rp 1,7 miliar). (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ikan Paus Mati Terdampar, Giginya Habis Dijarah Pencuri

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/12/ikan-paus-mati-terdampar-giginya-habis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ikan Paus Mati Terdampar, Giginya Habis Dijarah Pencuri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ikan Paus Mati Terdampar, Giginya Habis Dijarah Pencuri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger