Sepeda Road Bike Asyik Untuk Dibawa Ngebut

Written By Unknown on Kamis, 22 November 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Kamis, 22 November 2012 11:55 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Bersepeda saat ini sudah marak di kalangan masyarakat Pekanbaru.  Tidak hanya sebagai salah satu alternative olahraga, bersepeda juga sudah jadi sebuah tren gaya hidup. Apalagi berbagai komunitas sepeda mulai berkembang.

Beragam pilihan model dan jenis sepeda pun semakin menambah minat masyarakat untuk bersepeda. Mulai dari sepeda fixie, sepeda lipat, sepeda ontel, mountain bike hingga road bike. Jika beberapa waktu lalu, sepeda fixie dan mountain bike,  kini para penggemar sepeda mulai beralih pada jenis sepeda road bike.

Yandra mengatakan sama halnya dengan sepeda fixie, sepeda road bike ini memiliki bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan. Jika pada sepeda fixie tanpa  menggunakan rem dan gigi, sepeda road bike malah sebaliknya. Memiliki rem dan gigi seperti halnya jenis sepeda lainnya. Road bike cocok digunakan bagi para penggemar sepeda yang menyukai kecepatan.  

"Dulunya main sepeda fixie juga. Di jawa sekarang rata-rata yang main fixie sudah mulai beralih pada road bike ini. Road bike ini enak kalau dibawa ngebut. Kalau fixie remnya kn pakai kaki, sementara road bike ini ada remnya,"ungkapnya.

Ia juga mengatakan ban yang digunakan pada road bike ini ada beberapa jenis. Misalnya  jenis sepeda yang  menggunakan lingkar ban 27inci atau sering disebut jenis ban 700C. Dengan tapak ban yang lebih kecil sepeda bermanuver lebih lincah.

Meski saat ini banyak road bike modern yang bisa didapatkan, Yandra lebih memilih sepeda road bike jenis klasik. Namun ada beberapa part lagi yang ditambahkannya. Seperti speedometer,  frame dan beberapa part lainnya. Setidaknya ia menghabiskan dana hingga Rp 13 juta untuk membangun sepeda road bikenya ini.

"Awalnya memang beli jadi. Tapi setelah dipakai merasa tidak puas makanya ada part yang diganti dan ditambah. Catnya juga diganti. Sebenarnya kalau mau yang modern banyak yang jual, tapi saya lebih enak pakai yang klasik. Ini dulu saya dapat road bike klasik ini di Batusangkar Sumatera Barat"ujar pria yang bekerja dalam bidang desain ini.

Tidak hanya menjajal sepeda di jalan raya, ia bersama teman-teman sesama pemakai sepeda road bike lainnya juga sering melakukan  gowes keliling. Beberapa teman yang sering gowes keliling bersama adalah Adi Monats, Ical, iyang dan pak tris. Rute yang sering mereka jajal seperti chevron dan daerah kulim. Meski menggunakan road bike, rute yang memiliki tanjakan tetap jadi rute favorit mereka.

'Sepertinya memang masih belum terlalu banyak yang pakai road bike. Kalau yang rutin gowes keliling sama sama empat teman lainnya yang juga pakai road bike,"tambahnya lebih lanjut. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sepeda Road Bike Asyik Untuk Dibawa Ngebut

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/11/sepeda-road-bike-asyik-untuk-dibawa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sepeda Road Bike Asyik Untuk Dibawa Ngebut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sepeda Road Bike Asyik Untuk Dibawa Ngebut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger