Jumlah Sampah di Dumai Meningkat

Written By Unknown on Kamis, 06 Desember 2012 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Kamis, 6 Desember 2012 12:14 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI– Pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan pola hidup masyarakat menyebabkan produksi sampah mengalami peningkatan.

Rata-rata satu orang di Dumai menghasilkan sampai 0,8 liter per hari.
Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Tatakota Pertamanan Kebersihan dan Pemakanan (DTPKP) Kota Dumai, Satrio Wibowo, Rabu (5/12) mengatakan, peningkatan sampah tersebut terlihat jumlah volume sampah di beberapa titik tempat pengumpulan sampah yang ada di wilayah perkotaan.

Kondisi tersebut sempat membuat pihaknya kualahan. Pasalnya  pihaknya terpaksa harus menambah frekuensi pengangkutan sampah yang terkumpul di sejumlah titik yang terdapat diruas jalan. Jika tidak tumpukan yang ada akan menggunung.

"Biasanya pemungutan sampah di sejumlah titik di ruas jalan di Dumai oleh armada pengangkutan yang kita miliki sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun saat ini harus dilakukan sebanyak empat kali dimulai sejak subuh sampai malam," kata Satrio.

Meskipun sudah menambah frekuensi pengangkutan, jumlah sampah yang menumpuk di tempat-tempat pengumpulan sampah itu tetap tak pernah habis.

Malah saking banyaknya sampah, pada tempat pengumpulan sampah yang menggunakan wadah seperti bak sampah selalu meluber dan
berserakan.

Produksi sampah yang tiap hari diangkut untuk dibuang ke tempat
pembuangan akhir (TPA) didominasi oleh sampah yang bersumber dari pasar dan sampah yang dihasilkan dari rumah tangga.

Sampah-sampah tersebut langsung diangkut petugas dari tempat pengumpulan yang disediakan di pasar dan di titik sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Berdasarkan angka penduduk Dumai, seperti yang pernah  disampaikan oleh Wakil Walikota Dumai tiap tahun mengalami penambahan yang cukup tinggi yakni mencapai 20 ribu jiwa per tahun. Jika rata-rata per orang memproduksi sampah 0,8 liter per hari, peningkatan jumlah sampah di Kota Dumai tersebut mencapai sekitar 16 ton per hari.

"Peningkatan tumpukan sampah di masing-masing tempat  pengumpulan sampah tersebut mengalami peningkatan saat usai lebaran. Sebab usai lebaran selalu terjadi pertambahan penduduk," kata Satrio lagi.

Selain jumlah penduduk, peningkatan sampah tersebut juga berkaitan
dengan pola hidup masyarakat yang saat ini lebih konsumtif.  Sehingga produksi sampah sisa belanjaan rumah tangga juga  mengalami peningkatan.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jumlah Sampah di Dumai Meningkat

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2012/12/jumlah-sampah-di-dumai-meningkat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jumlah Sampah di Dumai Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jumlah Sampah di Dumai Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger