April Evaluasi Persiapan ISG

Written By Unknown on Sabtu, 09 Maret 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Sabtu, 9 Maret 2013 11:02 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kunjungan Menpora RI Roy Suryo ke Riau dua hari kemarin, menyisakan beberapa catatan penting. Terutama soal kesiapan venue yang digunakan untuk pesta Islamic Solidarity Games (ISG) III nanti. Menpora memfokuskan kepada Pemerintah Provinsi Riau, agar mempersiapkan serealitas mungkin.

Artinya, dari dua pilihan yang tersisa  diambil (ISG tetap digelar di Riau sesuai jadwal dan ISG tetap di Riau namun jadwalnya mundur), Menpora menitikberatkan agar memilih pada opsi pertama, yakni tetap digelar di Pekanbaru, Riau sesuai jadwal semula, 6 Juni mendatang.

Di sisa waktu yang ada (satu bulan lebih), Menpora berharap persiapan itu nyata dilakukan, meski tidak sepenuhnya selesai. Yang pasti, pengerjaan itu sudah nampak. "Harapan Pak Menpora tetap di Riau. Dia juga berjanji membantu, terutama soal main stadion," papar Plt Emrizal Pakis, Jumat (8/3) kemarin.

Untuk pengerjaan yang akan dilakukan itu, kata Emrizal Pakis, Panpel Pusat akan mengevaluasinya pada pekan pertama April mendatang, lewat CDM Meeting. Jika memang ditemukan hambatan besar, dan tidak ada jalan keluar, mau tak mau harus dilakukan pengunduran.

Namun pelaksanaannya tetap di Riau. Hanya saja, Riau selaku tuan rumah akan tetap berusaha mempersiapkan dengan kondisi semaksimal mungkin. Tentunya dengan koordinasi yang intens dengan pihak Menpora.

Lebih lanjut disebutkannya, dari arahan Menpora kemarin, sebenarnya ada tiga pilihan tentang persiapan venue. Idealis, realistis dan minimalis. Jika memang Riau tidak bisa mencapai porsi idealis, pilihan yang kedua, realistis juga sangat masuk akal.

"Tapi disarankan, jika memang tak bisa juga, jangan lah terlalu minimalis. Yang penting tidak menganggu pertandingan," tutur Emrizal Pakis menirukan saran Menpora tersebut. Seperti diketahui, pilihan idealis yang dimaksudkan, persiapan semua venue harus sesuai dengan arahan tim sebelumnya.

Namun kondisi ini selain memakan anggaran tinggi juga menghabiskan waktu yang cukup lama (lebih 3 bulan). Sementara porsi realistis, persiapan perbaikan fasilitas dilakukan, namun tidak secara utuh. Tapi tidak menganggu jalannya pertandingan. Terakhir pilihan minimalis, persiapan sesuai dengan kondisi yang ada.

"Ada plus minusnya juga. Yang pasti, sesuai arahan, kita akan lakukan sesuai aturan yang berlaku," tegasnya. Diberitakan sebelumnya, dari 18 venue yang akan ditambah fasilitasnya, yang terberat hanya kolam renang di Rumbai. Selainnya hanya penambahan ringan.

Persoalannya saat ini, anggaran untuk perbaikan dan penambahan tersebut masih dalam proses penyelesaian administrasi. Baik APBN 2013 yang senilai Rp 200 miliar maupun APBD Riau 2013 Rp 45 miliar. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

April Evaluasi Persiapan ISG

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/03/april-evaluasi-persiapan-isg.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

April Evaluasi Persiapan ISG

namun jangan lupa untuk meletakkan link

April Evaluasi Persiapan ISG

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger