Penerima Beasiswa CD PT RAPP Optimistis 3,5 Tahun Wisuda

Written By Unknown on Selasa, 09 April 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Selasa, 9 April 2013 10:50 WIB

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alhafiz Yasir
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU
- Mifta Rifai dan rekan-rekannya menikmati kuliah mereka di Yogyakarta. Selain suasana kota yang memang dikenal sebagai Kota Pendidikan, beasiswa dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sangat menunjang merupakan impian masa depan.

Terbukti setelah dua semester menempuh pendidikan di Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, indeks prestasi kumulatif (IPK) yang mereka raih di atas 3,00. Mifta dan lima rekannya di angkatan 2012, optimistis merampungkan kuliah dalam 3,5 tahun dan langsung bekerja di PT RAPP setelah wisuda nanti.

"Bangga lah Bang, apalagi ini ikatan dinas (dijamin bekerja di RAPP)," ujar Mifta kepada beberapa wartawan media massa di Riau yang menemui penerima beasiswa Community Development (CD) PT RAPP di Yogyakarta, Sabtu pekan lalu.

Mifta merupakan satu dari enam penerima beasiswa program Community Development (CD) PT RAPP pada 2012. Mereka saat ini menempuh pendidikan di program studi Hutan Tanaman Industri Fakultas Kehutanan Instiper Yogyakarta.

Mifta dan kawan-kawan merupakan anak jati Riau yang berasal dari wilayah operasi PT RAPP. Mifta sendiri kelahiran Gunung Sahilan, Kampar. Penerima beasiswa lainnya adalah Arief Marta Saputra asal Teluk Belitung, Pulau Padang, Kepulauan Meranti. Kemudian Afrizon Fardiansyah asal Desa Pasar Baru Pangean, Kuantan Singingi, Gunawan dari Sei Mandau, Siak Indrapura, dan Novendra Irawan asal Kuantan Singingi.

Masing-masing mereka menerima beasiswa sebesar Rp 3 juta, yang diterima setiap dua bulan. Artinya Mifta dan kawan-kawan setiap bulan dibiayai perusahaan sebesar Rp 1,5 juta. Novendra menyebut uang sebesar itu lebih dari cukup, sehingga ia tidak perlu memberatkan orangtua untuk membiayai kuliahnya.
"Selain untuk biaya hidup seperti biaya makan dan kost, uang beasiswa juga untuk membeli alat-alat kebutuhan kuliah," ujar Novendra. Anak pertama dari seorang petani di Kuansing itu bahkan mengaku masih bisa menyisihkan sedikit uang beasiswa untuk ditabung.

Tahun sebelumnya, 2011, terdapat tujuh anak jati Riau penerima beasiswa dalam program Community Development (CD) dari PT RAPP. Masih dalam program yang sama, PT RAPP juga telah mengirim 41 anak jati Riau untuk menempuh pendidikan di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung sejak 2006.

Dengan demikian, saat ini terdapat 54 anak jati Riau yang menempuh pendidikan tinggi dalam program Community Development  PT RAPP tersebut.

Penerima beasiswa dari program Community Development (CD) PT RAPP merupakan pelajar-pelajar berprestasi di sekolahnya masing-masing. Memang untuk bisa mengikuti tes, calon penerima beasiswa disyaratkan masuk dalam sepuluh besar di angkatan kelulusan mereka.

 "Dalam program ini kita mencari anak-anak jati Riau yang berbakat, tapi tidak mampu secara ekonomi. Mereka tak hanya mendapat beasiswa hingga kuliahnya selesai, tapi akan langsung bekerja di perusahaan ini setelah lulus nanti," ujar Direktur Community Development (CD) PT RAPP, Amru Mahalli, kepada Tribun.

Dia menjelaskan, program ini sesuai dengan filosofi Chairman APRIL (induk perusahaan PT RAPP), Sukanto Tanoto, agar perusahaan ini bagian dari masyarakat, bukan sebagai tamu di Bumi Lancang Kuning. PT RAPP harus menjadi bagian dari solusi. "Ini sesuai dengan bijak Melayu yang berbunyi 'dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung'," jelasnya.

Usai kuliah Mifta dan kawan-kawan akan bekerja di RAPP. Kata dia, ini bagian dari strategi menciptakan sumber daya manusia (SDM) siap pakai yang berasal dari masyarakat sekitar. "Ibaratnya mereka akan menjadi tuan di negeri sendiri," ujarnya.  

Orangtua para mahasiswa sangat berterima kasih dengan adanya program Community Development (CD) dari PT RAPP. "Kami sekeluarga sangat berterima kasih PT RAPP telah membantu putra kami mewujudkan cita-citanya dan meraih impian masa depannya," ujar Marta Isnur (45), ayah Arief Marta Saputra.

Marta, yang berprofesi sebagai pedagang, tinggal di Teluk Belitung. Di kawasan Pulau Padang itu PT RAPP memiliki konsesi. Ia berharap akan semakin banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dengan kehadiran perusahaan di wilayah tersebut.

Rasa syukur juga diucapkan Nursal (52), ayah Novendra. "Saya senang anak saya bisa kuliah. Karena itu kami ucapkan terima kasih kepada RAPP," ujar Nursal.

Menurut Direktur CD PT RAPP Amru Mahalli, program beasiswa ini akan terus berlanjut di masa-masa mendatang. "Ya, akan terus dilanjutkan selama perusahaan beroperasi di sini. Doakan saja tak ada gangguan signifikan," ucapnya. (aha)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penerima Beasiswa CD PT RAPP Optimistis 3,5 Tahun Wisuda

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/04/penerima-beasiswa-cd-pt-rapp-optimistis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penerima Beasiswa CD PT RAPP Optimistis 3,5 Tahun Wisuda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penerima Beasiswa CD PT RAPP Optimistis 3,5 Tahun Wisuda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger