Siswi Hamil di Batam Dilarang Ikut UN

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Kamis, 11 April 2013 11:54 WIB

Laporan Wartawan Tribun Batam, Ahmad Yani
TRIBUNPEKANBARU.COM, BATAM
- Dinas Pendidikan Kota Batam akan melarang siswi hamil di luar nikah untuk ikut Ujian Nasional. Penolakan ini berkaitan dengan etika dan moral.

"Jika ada siswa di Batam ketahuan hamil luar nikah, dia tidak bisa ikut Ujian Nasional (UN). Ini sangat tidak etis dalam dunia pendidikan," kata Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Senin (8/4/2013).

Muslim mengatakan, aturan itu berlaku untuk semua jenjang pendidikan hingga SMA sederajat. Muslim menambahkan, menerima siswi yang bermasalah sangat mencederai dunia pendidikan. Dan bagi siswi yang ketahuan hamil luar nikah tersebut bisa mengikuti ujian paket.

"Makanya jangan ada yang buat masalah, kalau gak diikutkan ke ujian paket. Yah di luar Ujian Nasional formal," tambah Muslim Bidin.

Muslim menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk ditemui siswi yang bermasalah seperti hamil luar nikah. Namun bagi siswa yang jelang mengikuti UN kedapatan melakukan tindakan pidana hingga di penjara.

Siswa tersebut bisa mengikuti UN. Namun pelaksanaanya akan dilakukan di penjara maupun rutan.

"Kalau kedapatan hamil wajib tidak boleh. Tapi kalau ada siswa yang mencuri, penyalahgunaan narkoba dan dia ditangkap polisi bisa mengikuti UN. Tapi siswa itu ujiannya di tempat tahanan," tambah Muslim Bidin.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam, Said Indra meminta Dinas Pendidikan Batam mempertimbangkan ketidakikut sertaan pelajar bermasalah di dalam Ujian Nasional yang akan digelar sepekan lagi, seperti hamil di luar nikah.

"Pendidikan itu hak semua warga negara. Jika dalam pelaksanaanya ada siswi hamil dan dinas pendidikan maupun pihak sekolah tidak mengikutkansertakan mereka harus dipikirkan lagi," kata Said Indra.

Said Indra menambahkan, memang tidak ada aturan yang melarang siswi hamil tidak boleh ikut UN. Namun tambahnya, hal tersebut harus ada kesepakatan antara Sekolah dan Dinas Pendidikan. "Pertimbangan dari Disdik diperlukan, mengingat hal tersebut nantinya juga akan berpengaruh bagi pelajar di ke depannya," tambah Indra. (Tribun Batam)


Anda sedang membaca artikel tentang

Siswi Hamil di Batam Dilarang Ikut UN

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/04/siswi-hamil-di-batam-dilarang-ikut-un.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siswi Hamil di Batam Dilarang Ikut UN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siswi Hamil di Batam Dilarang Ikut UN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger