Hatta Rajasa: Kenaikan Harga Sembako Masih dalam Batas Normal

Written By Unknown on Senin, 24 Juni 2013 | 12.47

Tribun Pekanbaru - Senin, 24 Juni 2013 12:23 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menilai sejauh ini kenaikan harga bahan pokok masih berada dalam batas normal.

Hal ini disampaikan Hatta terkait dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang dimulai Sabtu pekan lalu.

Karena itu pemerintah, tegas dia, akan terus melakukan pemantauan harga-harga bahan pokok agar jangan sampai ada yang berspekulasi, terhadap harga.

"Saya melihat sejauh ini kenaikannya itu berada pada batas normal," ungkap Hatta Rajasa, di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (24/6/2013).

Menurut Hatta, memang ada kenaikan harga bahan pokok ditemukan. Namun kenaikan harga tersebut terjadi karena efek menjelang puasa dan lebaran.

Sementara itu, terkait kenaikan tarif angkutan, sudah ditetapkan hanya sebesar 15 persen. Pasalnya kenaikan 15 persen dinilai sangat wajar.

"Itu artinya, kalau angkutan itu bobot terhadap inflasinya 2,2 persen, maka dengan kenaikan tarif 15 persen maka dia akan memakan 0,3 persen sekian kurang dari 0,4 persen. Itu adalah masuk dalam range yang kita perkirakan akan sumbangan inflasi terhadap itu," jelasnya.

Karena itu, Hatta mengingatkan agar pelaku angkutan umum mematuhi kesepakatan yang telah diambil Menteri Perhubungan dengan Organda yakni menetapkan kenaikan tarif hanya 15 persen.

"Itu harus diterapkan pemerintah daerah, wali kota dan bupati untuk menjadi patoknya. Agar memang tidak mendorong inflasi," ucapnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hatta Rajasa: Kenaikan Harga Sembako Masih dalam Batas Normal

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/06/hatta-rajasa-kenaikan-harga-sembako.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hatta Rajasa: Kenaikan Harga Sembako Masih dalam Batas Normal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hatta Rajasa: Kenaikan Harga Sembako Masih dalam Batas Normal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger