Andik Bobol ATM di Semarang Berbekal Korek Api

Written By Unknown on Jumat, 16 Agustus 2013 | 12.47

Laporan Wartawan Tribun Jateng Muh Radlis

TRIBUNPEKANBARU.COM, SEMARANG - Berbekal korek api, Andik Kurniawan (33), warga Jalan Durian, Banyumanik, Semarang, sukses membobol satu mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Tapi, Andik Kurniawan harus pasrah setelah dia dan kawanannya di tangkap oleh satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang, Kamis (14/8/2013).

Andik dan kedua temannya yakni Wahyu Putro Laksono (32), warga Tanjung Mas, dan Joko Santoso (21), warga Jl Gergaji, Kota Semarang, ditangkap lantaran terbukti membobol ATM BRI di Jalan Brigjend Sudiarto, Kota Semarang, 7 Agustus 2013.

"Kami pura-pura jadi pihak bank dan menolong korban yang kartu ATM-nya ditelan mesin," tuturnya kepada Tribun Jateng, Kamis.

Modus penipuan dan pembobolan ATM yang digunakan kawanan ini terbilang cerdik.

Mulanya, Andik memasukkan potongan korek api kayu lubang kartu mesin ATM. Setelah itu, barulah Joko memasang stiker yang tertera nomor call center (CS) palsu.

"Nomor CS-nya milik saya juga," ujar andik.

Potongan korek api kayu yang telah dimasukkan ke dalam mesin ATM tersebut berguna untuk menahan kartu ATM nasabah yang nantinya akan menarik uang di mesin tersebut.

Ketika nasabah ingin menarik uang, kartu ATM-nya akan bermasalah dan tidak bisa keluar. Tak ayal, nomor CS palsu yang telah ditempel oleh Andik cs sebelumnya akan dihubungi oleh nasabah tersebut.

"Begitu ada yang telepon, kami langsung datang berpura pura sebagai pihak bank," jelasnya.

Untuk memuluskan aksinya, ketiga pelaku selalu menggunakan mobil rental Daihatsu Xenia Nopol H9326CA agar nasabah percaya bahwa ketiganya dari pihak bank.

"Kan korbannya sudah panik, kami minta pinnya untuk mengecek kartu. Tapi kami tidak buka langsung ATM-nya, kami suruh korban ke kantor bank yang bersangkutan untuk melaporkan," katanya.

Di waktu korban melaporkan kartu ATMnya ditelan mesin, para pelaku ini langsung menguras habis isi ATM korban karena sebelumnya telah meminta pin ATM.


Anda sedang membaca artikel tentang

Andik Bobol ATM di Semarang Berbekal Korek Api

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/08/andik-bobol-atm-di-semarang-berbekal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Andik Bobol ATM di Semarang Berbekal Korek Api

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Andik Bobol ATM di Semarang Berbekal Korek Api

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger