Pemondokan Calhaj Riau Terjauh 3 Kilometer

Written By Unknown on Jumat, 30 Agustus 2013 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Tahun ini jemaah haji asal Provinsi Riau mendapatkan tempat pemondokan di Arab Saudi jarak terjauh dari Masjidil haram sekitar 3 kilometer. Kemudian pemondokan terdekat dikisaran jarak 1 kilometer dari Masjidil Haram. Maklum tahun ini pemerintah Arab saudi melakukan perluasan pembangunan kawasan masjidil haram sehingga pemondokan jamaah juga sedikit jauh dari lokasi mesjid.

"Paling jauh itu pemondokan jemaah kita 3000 meter dari mesjidil haram berada di kawasan Jumaizah, dan beberapa daerah lainnya,"ujar Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Riau Muhammad Azis kepada Tribun Kamis (29/8).

Sedangkan lokasi pemondokan jemaah haji Riau terdekat berada di kawasan Jarwal dan Mahbaz Jin yang berjarak sekitar 1 sampai 2 kilometer dari Masjidilharam.

"Sebenarnya sama seperti tahun sebelumnya, namun karena ada perbaikan di kawasan masjid makanya pemondokan juga bervariasi jaraknya,"ujar Azis.

Azis menambahkan, Jemaah haji di Arab Saudi tidak akan mengalami kesulitan saat menjalankan ibadahnya di Mekkah, terutama mengenai transportasi menuju dan dari Mesjidil Haram. Karena dalam waktu 24 jam, bus selalu siaga mengantarkan jemaah dengan gratis.

"Kalau mengenai transportasi tidak ada kendala, selain ada bus yang setiap saat ada, jemaah juga bisa naik taksi dengan tarif murah yang disediakan petugas panitia di Arab Saudi,"ujarnya.
10 Jumaizah, bus sudah disediakan, mau naik bus atau taksi yang disewanya. Tiga tempat

Untuk tidak ada kesan pilih kasih antar jemaah daerah untuk menentukan lokasi pemondokan di Arab saudi, Kemenag akan melakukan pengundian, maka dari undian itulah diketahui hasil dimana saja jemaah yang pemondokannya jauh dan mana yang dekat.

"Dilakukan pengundian, karena di Nasional juga seperti itu. Kalau main tunjuk dan ditetapkan saja, nanti muncul kecemburuan sosial antar sesama daerah. Pengundian ini akan dilakukan seminggu sebelum keberangkatan,"ujar Azis.

Sementara itu mengenai kesiapan calhaj asal Provinsi Riau saat ini, seluruh paspor jemaah sudah diterima dari Kedubes Arab Saudi tinggal pengiriman ke Embarkasi Batam. Mengenai pemberian vaksi meningitis terhadap Jemaah, saat ini hampir seluruh daerah Kabupaten/Kota di Riau sudah selesai memberikan Vaksin.

"Sudah semuanya, tinggal hari ini (kamis) terakhir di Kuansing,"ujar Azis.

Mengenai jadwal keberangkatan jemaah haji Riau sendiri melalui Embarkasi Batam terdiri dari 11 kloter, dimana 3 diantara kloter gabungan dengan Provinsi tetanga. Sedangkan 8 kloter lagi full diisi jemaah asal Provinsi Riau.

"Ada penggabungan dalam 3 kloter, misalnya pada kloter 4 yakni gabungan Jemaah asal Kota Dumai dengan Provinsi Jambi, kemudian ada gabungan Jemaah Pelalawan dengan Kepulauan Riau, dan gabungan Siak bersama Kalimantan Barat,"ujar Defison.

Sedangkan untuk jadwal pemberangkatan awal bagi Jemaah haji asal Provinsi Riau melalui Embarkasi Batam dimulai pada 12 September mendatang, yakni jemaah asal Kota Dumai. pemberangkatan Jemaah haji asal Riau ini akan berlanjut hingga 22 September.

"Sementara untuk jadwal kedatangan ataupun kembalinya mereka ke tanah air itu pada 24 oktober mendatang,"ujar Defison.

Jumlah Jemaah haji asal Riau yang berangkat tahun ini berjumlah 4031 orang dengan 26 Petugas, dan 18 dari BPIH serta 29 orang tenaga medis.

"Dilihat dari usia jemaah calhaj kita tahun ini 30 persen usia lanjut, dan selebihnya itu dikisaran usia 40 hingga 50 an,"ujar Azis.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemondokan Calhaj Riau Terjauh 3 Kilometer

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/08/pemondokan-calhaj-riau-terjauh-3.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemondokan Calhaj Riau Terjauh 3 Kilometer

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemondokan Calhaj Riau Terjauh 3 Kilometer

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger