Jamkesda Pekanbaru Baru Terserap Rp 972 Juta

Written By Unknown on Selasa, 24 September 2013 | 12.48

Laporan: Hendra Efivanias

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Rini Hermiyati mengaku bahwa serap dana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tahun ini baru Rp 972 juta dari. Rp 4,3 miliar yang disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Namun, Dinas Kesehatan Pekanbaru menegaskan bahwa anggaran ini tidak musti terpakai sepenuhnya.

Menurut Rini kepada wartawan, penyerapan terbilang minim karena penggunaannya disesuaikan dengan klaim warga miskin pemegang kartu Jamkesda. Menurut dia, pihaknya berharap tidak ada warga yang sakit. Karena itu, anggaran Jamkesda tidak musti terealisasi 100 persen. Sementara kelebihannya akan dikembalikan ke kas daerah untuk Jamkesda tahun berikutnya.

Sebenarnya, ada dua asumsi yang bisa dikaitkan dengan rendahnya daya serap anggaran Jamkesda itu. Asumsi pertama, karena kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan sudah cukup tinggi. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah mewujudkan kehidupan masyarakat yang bersih dan sehat.

Asumsi lainnya, bisa juga karena adanya pembatasan penerima Jamkesda. Misalnya hanya bagi warga miskin yang memiliki KTP Kota Pekanbaru. Hal ini menurutnya sejalan dengan upaya pemerintah mengingatkan masyarakat agar tertib administrasi kependudukan yang berlaku. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jamkesda Pekanbaru Baru Terserap Rp 972 Juta

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2013/09/jamkesda-pekanbaru-baru-terserap-rp-972.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jamkesda Pekanbaru Baru Terserap Rp 972 Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jamkesda Pekanbaru Baru Terserap Rp 972 Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger