Tiva: Melindungi Manusia dan Lingkungan Prioritas Chevron

Written By Unknown on Kamis, 03 April 2014 | 12.47

:Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com: Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Manager Communications PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) Tiva Permata mengatakan, melindungi manusia dan lingkungan adalah prioritas Chevron. Terkait tumpahnya minyak di lingkungan Chevron 26 Maret 2014 lalu, pihaknya langsung bergerak menyelesaikan permasalahan itu.

Dikatakannya, sehari setelah tumpahan minyak dari Kapal Medelin West terjadi, yaitu pada 27 Maret 2014, CPI langsung mengirimkan surat laporan peristiwa tumpahan minyak ini kepada Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai. Dalam hal ini, CPI berperan sebagai pelapor yang peduli terhadap lingkungan. Kemudian, pada 28 Maret 2014, staff KLH Kota Dumai melakukan kunjungan ke Terminal 4 dan mengambil sampel air untuk uji laboratorium.

"Melindungi manusia dan lingkungan adalah prioritas tertinggi Chevron. Kami bekerja keras untuk memastikan agar kejadian ini tidak terjadi lagi di kemudian hari," katanya.

Menurutnya, Chevron membantu membersihkan tumpahan minyak di dek kapal Medelin West, ketika proses pengisian minyak mentah ke kapal sedang berlangsung, pada hari Rabu, 26 Maret 2014 lalu.

Selain mengisolasi dan membersihkan tumpahan minyak dari kapal Medelin West, para petugas CPI juga langsung membersihkan tumpahan minyak di laut pada saat yang sama. Dari hasil pembersihan minyak diketahui bahwa volume minyak yang tertumpah tidak lebih dari 10 barrel.

"Dumai Operation memiliki tim manajemen krisis yang selalu siap merespon penanganan tumpahan di lingkungan laut," ujar Manager HCT-CTOM, Aristo Joeristanto.

"Kami telah melakukan oil spill response sesuai dengan prosedur yang ada. Armada seperti mooring boat, speed boat dan rubber boat sudah kita kerahkan untuk menggelar tambahan oil boom dalam rangka memperkecil area sebaran tumpahan minyak di laut. Oil skimmer dikerahkan untuk mengambil kembali minyak dari permukan laut," ulasnya.

Marine Environmental Protection (MEP) adalah tim yang dibentuk untuk mengantisipasi terjadinya tumpahan minyak di sekitar dermaga minyak CPI. Tim ini memiliki lebih kurang 100 personel yang terlatih dan tersertifikasi untuk menangani tumpahan minyak mentah di perairan Dumai dan sekitarnya. Secara rutin, MEP melakukan latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Perairan (PTMP) di daerah terminal minyak Chevron di Dumai.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiva: Melindungi Manusia dan Lingkungan Prioritas Chevron

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/04/tiva-melindungi-manusia-dan-lingkungan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiva: Melindungi Manusia dan Lingkungan Prioritas Chevron

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiva: Melindungi Manusia dan Lingkungan Prioritas Chevron

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger