Peneliti Beberkan Tiga Skenario Koalisi Demokrat

Written By Unknown on Kamis, 15 Mei 2014 | 12.47

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Partai Demokrat belum menentukan sikapnya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil penghitungan suara pemilu legislatif. Partai yang saat ini masih menjalankan roda pemerintahan tampak berbeda dengan PDI Perjuangan, Golkar maupun Gerindra yang intens menjalin komunikasi politik.

Peneliti senior dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai ada tiga opsi yang kemungkinan akan dijalankan oleh partai Demokrat. Menurutnya opsi pertama adalah ikut dalam poros Prabowo Subianto yang diusung sebagai calon presiden.

"Dalam opsi pertama itu Demokrat akan bergabung bersama Gerindra, PAN, PPP dan PKS," kata Karyono kepada Tribunnews.com, Kamis (15/5/2014).

Karyono menuturkan, opsi kedua untuk bagi Demokrat adalah bergabung dengan poros PDI Perjuangan untuk mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden. Sementara opsi ketiga adalah Demokrat mengambil sikap pasif tidak ikut gabung ke dalam dua poros baik Gerindra maupun PDI Perjuaangan.

"Ketiga opsi tersebut sama-sama sulit. Pasalnya, jika Demokrat memilih opsi pertama, SBY menghitung risiko politiknya pasca pilpres, seandainya koalisi Gerindra kalah di pilpres. Risiko politik tersebut misalnya tentang kondisi politik dan hukum setelah SBY lengser," tuturnya.

Sedangkan, jika Demokrat memilih opsi kedua kata Karyono yaitu berkoalisi dengan PDI Perjuangan, di satu pihak masih bertepuk sebelah tangan, belum ada respon positif dari pihak PDI Perjuangan. Jika kalkulasi politik tersebut menjadi pertimbangan SBY, maka pilihannya bisa opsi ketiga, yaitu Demokrat mengambil sikap pasif atau netral.

"Namun, jika pilihannya opsi ketiga, bukan tanpa masalah. Pertanyaan yang muncul adalah tentang bagaimna nasib 11 nama Capres yg ikut konvensi. Opsi ini tentu masih menyisakan masalah. Oleh karena itu, nampaknya partai Demokrat saat ini mengalami situasi dilematik," ujarnya.

"Namun demikian, apapun kondisinya, Demokrat harus memilih salah satu dari ketiga opsi tersebut apapun risikonya," tandasnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Peneliti Beberkan Tiga Skenario Koalisi Demokrat

Dengan url

http://pakanbarupos.blogspot.com/2014/05/peneliti-beberkan-tiga-skenario-koalisi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Peneliti Beberkan Tiga Skenario Koalisi Demokrat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Peneliti Beberkan Tiga Skenario Koalisi Demokrat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger